Kabut Asap Sampai Ke Kota Tanjungpinang

Kamis, 10 September 2015 20:42 WIB
902x ditampilkan Tanjungpinang

TANJUNGPINANG - Data dari Perwakilan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang, Ardhito menunjukkan titik api di Sumatera dan Kalimantan terus bertambah. Kondisi ini mengakibatkan kabut asap semakin tebal hingga sampai menyelimuti wilayah Kota Tanjungpinang dan daerah di sekitarnya.

 

“Asap mulai mengepung di banyak daerah. Hingga sampai di kota Tanjungpinang, kondisi ini sempat mengganggu beberapa jadwal penerbangan karena minimnya jarak pandang. Kualitas udara  juga sudah masuk ketegori tidak sehat” katanya, Kamis (10/09/2015).

 

Dirinya mengatakan, kondisi kabut asap akibat kebakaran lahan sudah menjadi ‘makanan tahunan’ saat musim kemarau. Oleh karena itu, ia berharap pemerintah daerah perlu mengadopsi lebih banyak strategi  yang mengatasi akar masalah kebakaran hutan dan lahan. Lemahnya penegakan hukum menyebabkan kebakaran selalu berulang. Berdasarkan pengamatannya, pembukaan lahan dengan membakar telah lama digunakan oleh peladang dalam rangka penyiapan lahan.