Kebutuhan Pokok Menjelang Idul Adha Saat Ini Masih Dalam Kategori Aman

Jumat, 18 September 2015 06:24 WIB
395x ditampilkan Lingga

LINGGA - Menjelang perayaan hari raya Idul Adha ketersediaan bahan makanan pokok seperti beras dan gula di Kabupaten Lingga hingga saat ini masih dalam kategori aman. Namun tidak menutup kemungkinan menjelang H-3 nanti permintaan akan kebutuhah pokok tersebut meningkat.


Untuk itu mengantisipasi menipisnya ketersediaan, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Lingga akan berkoordinasi dengan Bea dan Cukai untuk mencarikan solusi masuknya beras impor ke wilayah kabupaten tersebut.

 

"Ketersediaan saat ini masih aman, tapi menjelang H-3 nanti kemungkinan permintaan akan meningkat, untuk itu kita upayakan agar dapat terjalin kerjasama antara Disperindag dan Bea Cukai untuk menangani masuknya beras impor ke Lingga," kata Raswin, Kasi Perdagangan Disperindagkop Lingga, Kamis (17/9).

 

Sementara itu, untuk harga barang beras lokal dan beras impor di Lingga juga jauh berbeda. Harga beras impor lebih murah dibandingkan dengan harga beras lokal yang didatangkan dari Jawa.

 

"Bahkan Bulog sendiri masih menggunakan beras Impor, karena jika kita gunakan beras lokal transportasinya lebih tinggi, namun untuk beras Thailand dan Vietnam yang masuk melalui Batam dan Tanjungpinang akan lebih ringan biaya transportasinya sehingga lebih murah," kata Raswin.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Lingga, Muzammil Ismail mengatakan saat ini pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan Bea Cukai.

 

"Sekarang masih aman, tapi untuk antisipasi kita juga koordinasi dengan Bea Cukai khusus beras dan gula impor untuk masuk ke Lingga," ungkapnya.