Pangeran Saudi Perintahkan Segera Investigasi Musibah Mina

Jumat, 25 September 2015 06:48 WIB
1066x ditampilkan Liputan Khusus

Pangeran Mohamed bin Nayef telah memerintahkan investigasi mendalam terkait musibah di Mina. Pernyataan itu disampaikan Pangeran mengingat jumlah korban yang mencapai 717 orang jemaah haji tewas dan 863 luka-luka.


Pangeran yang juga menjadi pimpinan dalam penyelenggaraan haji Arab Saudi ini memerintahkan penyelidikan itu usai rapat yang digelar dengan para tokoh senior yang bertanggung jawab dalam musibah tersebut.

 

Adapun hasil investigasi itu nantinya akan disampaikan kepada Raja Salman. "Nanti akan ditentukan langkah yang akan dilakukan," katanya kepada media setempat seperti dikutip Al Jazeera.

 

Sementara itu, menteri dalam negeri Saudi mengatakan kemungkinan musibah di Mina lantaran adanya dua gelombang jemaah yang bertemu bersamaan. Juru bicara kementerian, Mayor Jendral Mansour al Turki menyebut cuaca yang panas dan kelelahan juga menjadi pemicu musibah tersebut.

 

Sementara itu, kepala urusan haji Iran, Said Ohadi menyebut adanya keanehan penutupan dua pintu masuk dekat lokasi pelemparan jumroh yang menjadi lokasi kejadian.

 

"Inilah penyebab musibah ini terjadi," kata Said.


(km)