Jamaah Haji Kabupaten Karimun Dijadwalkan Pulang 18 Oktober

Rabu, 30 September 2015 07:21 WIB
484x ditampilkan Karimun

KARIMUN - Jamaah haji Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, dijadwalkan pulang ke Tanah Air pada 18 Oktober 2015, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Karimun Afrizal.


"Pada hari itu, jamaah haji kita berangkat dari Madinah menuju Debarkasi Hang Nadim Batam, dan selanjutnya pulang ke Karimun dengan kapal feri," kata dia di Tanjung Balai Karimun.

 

Afrizal menuturkan, jamaah haji Karimun yang berjumlah 107 orang dalam kondisi sehat, setelah menunaikan salah satu rukun haji, wukuf di Arafah yang merupakan puncak ibadah haji.

 

"Waktu wukuf sudah ditetapkan dan tidak bisa diganti dengan hari lain, bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha. Sesuai syariat tidak sah ibadah haji seseorang kalau tidak wukuf di Padang Arafah," kata dia.

 

Usai wukuf di Padang Arafah, jamaah menuju Muzdalifah yang berjarak sekitar 9 kilometer dengan naik bus, dan bermalam di sana sambil mengumpulkan batu kerikil untuk ibadah melontar jumrah di Mina.    

 

Para jamaah, lanjut dia, selanjutnya menunaikan rangkaian ibadah lainnya, seperti tawaf ifadhah di Baitullah dan sai atau berlari-lari kecil dari Safa ke Marwa sebanyak tujuh kali, serta tahalul atau cukur rambut bagi jamaah laki-laki.

 

Ia bersyukur para jamaah memperhatikan kesehatannya, mengatur pola makan dan memperbanyak minum air mengingat kondisi cuaca di Tanah Suci cukup panas. Para jamaah, menurut dai, cukup kompak dan tetap dalam rombongan.

 

"Lebih disyukuri lagi, jamaah kita selamat dari insiden di Mina, yang menyebabkan ratusan jamaah meninggal dunia," ucapnya.

 

Ia juga mengharapkan para haji dan hajjah tepat memperbanyak ibadah sunnah menjelang kembali ke Tanah Air. 


(ant)