Menang Perdana di Kandang, Juventus Taklukkan Bologna 3-1

Senin, 5 Oktober 2015 06:16 WIB
217x ditampilkan Olah Raga

Juventus sukses memetik kemenangan perdana mereka di kandang dalam gelaran Serie A musim ini usai menaklukkan perlawanan Bologna dengan skor 3-1 di J-Stadium, Senin (5/10) dini hari WIB. Hasil ini menjadi tambahan moral berarti bagi Juventus yang mengawali kampanye musim ini dengan catatan kurang memuaskan.

 

Babak Pertama:

 

Mengambil inisiatif untuk menguasai jalannya permainan sedini mungkin, Juventus harus dikejutkan dengan bobolnya gawang Gianluigi Buffon di menit kelima setelah umpan terukur Adam Masina berhasil dituntaskan dengan sepakan voli cantik Anthony Mounier.

 

Selepas tertinggal, Bianconeri langsung gencar meningkatkan intensitas serangan. Sejumlah peluang didapat, akan tetapi barisan depan belum maksimal dan tampak belum bisa mengulang performa efektif mereka saat mengalahkan Sevilla di Liga Champions beberapa hari lalu.

 

Bologna sendiri tak berniat untuk meladeni permainan terbuka tuan rumah, skuat arahan Delio Rossi lebih banyak menunggu dan melancarkan serangan balik. Hingga setengah jam permainan, pertahanan Bologna yang digalang dengan sangat baik sukar untuk ditembus.

 

Tekanan rutin yang dilancarkan Juventus akhirnya membuahkan hasil di menit ke-32, kala Alvaro Morata sukses menyambut umpan silang Juan Cuadrado dengan sundulannya. Kepercayaan diri penggawa Juventus meningkat usai menyamakan skor, namun mereka tetap harus mewaspadai serangan balik lawan.

 

Dua menit sebelum memasuki jeda pertandingan, kombinasi Paulo Dybala dan Cuadrado hampir membawa Juventus berbalik unggul, namun dimentahkan barisan belakang tim tamu. Hingga turun minum kedudukan imbang 1-1 bertahan.

 

Babak Kedua:

 

Juventus harusnya mampu untuk langsung berbalik unggul beberapa detik setelah paruh kedua dimulai. Morata membuang peluang matang hasil umpan tarik Cuadrado, dengan melepaskan tembakan yang masih melenceng kendati kiper Bologna, Antonio Mirante sudah mati posisi.

 

Menit ke-52, pasukan Bianconeri benar-benar mampu mengambil alih keunggulan lewat eksekusi penalti Dybala . Penalti didapat setelah sebelumnya Morata dilanggar Marios Oikonomou saat berduel menyambut bola udara hasil umpan silang dari Andrea Barzagli.

 

Sami Khedira sukses menandai debut starternya di Serie A bagi Juventus dengan mencetak gol di menit ke-63 lewat tandukan terukurnya usai meneruskan umpan silang Morata. Dominasi permainan pasukan Max Allegri kian kental selepas mampu memperbesar selisih skor.

 

Memasuki sepertiga akhir permainan, Juventus tampak nyaman dengan keunggulan dua gol mereka. Beberapa pergantian yang sifatnya rotasi dilakukan Allegri demi menjaga kebugaran fisik pemain jelang jeda pekan absen internasional pekan depan.

 

Tempo permainan mulai melambat dalam sepuluh menit akhir pertandingan dengan Juventus seperti lebih ingin untuk fokus mempertahankan keunggulan. Situasi itu tak mampu dimanfaatkan Bologna untuk keluar menyerang dan membuat keunggulan 3-1 bagi Juventus pun bertahan hingga laga berakhir.


(goal)