Si Kreator Facebook yang Sukses Mendirikan Path

Rabu, 14 Oktober 2015 07:41 WIB
306x ditampilkan Teknologi

Menjadi bos dari perusahaan aplikasi chatting cukup populer di dunia, Path, tidak membuat pria ini tinggi hati. Dave Morin selain dikenal sebagai founder sekaligus CEO dari Path, ternyata juga adalah seorang yang dermawan.


Morin tercatat sebagai seorang filantropi (dermawan) yang mendonasikan hartanya, untuk sebuah organisasi non profit yang menyediakan air minum bersih dan aman dikonsumsi, untuk individu di negara-negara berkembang terutama yang mengalami kesulitan air.

 

Bahkan pada 2012, Morin menjadi ketua di sebuah yayasan bernama San Francisco Snow Ball. Disana dirinya berperan untuk mengumpulkan uang guna mendanai pelatihan, pengembangan, dan kompetisi, untuk para atlet dari tim olahraga Ski di Amerika. US Snowboarding dan US Freeskiing.

 

Morin juga merupakan ketua dari program kampanye sosial bernama Teach for America Benefit Dinner and for the Challenge for Tomorrow’s Leaders Campaign, pada 2013.

 

Meski tergolong masih baru, aplikasi Path telah menjadi primadona di kalangan penikmat jejaring sosial. Aplikasi yang hadir di smartphone ini memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Tujuan dari penggunaan Path adalah membuat jurnal interaktif untuk para penggunanya berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekatnya.

 

“Visi utama kami adalah untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas tinggi dan menjadikan pengguna nyaman untuk berkontribusi di dalamnya setiap waktu,” kata salah satu pendiri sekaligus CEO Path Dave Morin, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Selasa (13/10/2015).

 

Punya Peran di Facebook

 

Jika melihat sejarah perjalanannya, Morin sendiri sebenarnya bukan orang baru dalam dunia jejaring sosial. Sebelumnya, ia pernah tergabung menjadi anggota Facebook dan merupakan salah satu pencetus Facebook Platform juga Facebook Connect. Pria berkacamata lulusan dari University of Colorado Boulder ini memulai karirnya di Apple Inc pada 2003. Ia bergelut di posisi marketing sampai dengan 2006.

 

Setelah itu ia memutuskan untuk berpisah dengan raksasa Cupertino dan bermigrasi ke Facebook sebagai Senior Platform Manager. Morin menciptakan Platform Facebook yang merupakan lingkungan piranti lunak yang memungkinkan para pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi di dalam Facebook.

 

Selain itu, ia juga mendirikan Facebook Connect yakni sebuah teknologi untuk pengguna raksasa jejaring sosial tersebut agar tetap terhubung dengan data profil dan kredensial otentikasi ke situs eksternal.

 

Tak bertahan lama, Morin pun keluar dari perusahaan yang digawangi Mark Zuckerberg itu. Hidupnya berubah ketika ia bertemu dengan Shawn Fanning dan Dustin Mierau. Ya, ketiganya memulai lembaran baru dengan membangun jejaring sosial baru bernama Path pada November 2010.

 

Path yang berkantor pusat di San Francisco, California itu memulai perjalanannya melalui kehadirannya di iPhone dan situs website. Setelah mendapat animo yang positif dari masyarakat, Path pun melebarkan sayapnya untuk hadir di perangkat berbasis Android.


(okz)