Drone Unik Dari Jepang Berbentuk Origami

Selasa, 20 Oktober 2015 06:17 WIB
338x ditampilkan Teknologi

Drone tidak selalu berbentuk kaku dengan empat baling-baling atau lebih. Buktinya, perusahaan asal Jepang menciptakan drone yang memiliki desain origami atau wujud burung yang terbuat dari kertas.

 

Dilansir Cnet, Senin (19/10/2015), produsen perangkat elektronik asal Jepang, RHOM Semiconductor merancang teknologi drone dengan bentuk origami. Dengan mengepakan sayap di kiri dan kanan, drone origami ini sanggup terbang di udara.

 

Perusahaan memperlihatkan kemampuan Orizuru, nama drone origami tersebut yang dipamerkan pada event Combined Exhibition of Advanced Technologies di Tokyo, Jepang. Dibandingkan drone lainnya, kabarnya Orizuru mengonsumsi energi dengan lebih efisien.

 

Orizuru yang dioperasikan menggunakan kontrol jarak jauh itu mereplikasi gaya terbang burung yang sesungguhnya. Pada saat terbang, perangkat dengan teknologi sensor dan panjang bodi 70 centimeter itu tampak serupa seperti burung sungguhan.

 

Nama 'drone' sebetulnya berkonotasi negatif di Jepang. Drone pada Juli dianggap ilegal karena dapat diciptakan oleh warga sipil untuk menerbangkan UAV di seluruh pusat politik atau Imperial Palace. Pada April, seorang pria yang memprotes kebijakan energi nukli menerbangkan pesawat tak berawak yang membawa pasir radioaktif dan mendarat di atas atap Perdana Menteri Shinzo Abe.


(okz)