Inilah Solusi PKS Tangani Bencana Asap

Selasa, 20 Oktober 2015 06:57 WIB
316x ditampilkan Nasional

KALTENG - Ketua Umum DPW PKS Kalimantan Tengah (Kalteng) Heru Hidayat menyampaikan saran kepada Pj Gubernur Kalimantan Tengah Hadi Prabowo untuk segera melakukan langkah taktis guna mengatasi kebakaran yang terus memperparah kabut asap di provinsi tersebut.


“Pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan kembali seluruh Bupati dan seluruh perusahaan yang ada di Kalimantan Tengah untuk bersama-sama berkomitmen dalam pencegahan. Kemudian mengajak mereka berupaya memadamkan kebakaran di area lokasi perusahaan maupun lingkungan sekitar,” kata Heru melalui siaran persnya, Senin (19/10).

Heru menjelaskan saran kedua yaitu Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, maupun semua anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah, harus segera memiliki satu suara agar Pemerintah Pusat memperhatikan dengan sangat serius kondisi Kalimantan Tengah.

“Satu suara ini penting untuk menghasilkan berbagai bantuan yang sifatnya jangka pendek dalam rangka pemadaman,” ujarnya.

Ketiga, lanjut Heru, Pemprov Kalteng perlu memfasilitasi kegiatan bersama seluruh elemen masyarakat, seperti berdoa dan melaksanakan sholat istisqo yang dilakukan secara serentak.

“Hal ini perlu dilakukan dalam upaya mempercepat pemadaman kebakaran yang semakin tak terkendali. Oleh karena itu semua pihak dengan berbagai kewenangan dan tugasnya harus bisa secara optimal menghadapi kondisi kebakaran lahan dan hutan yang ada di Kalimantan Tengah,” jelas Heru.

Heru berharap penanganan kebakaran lahan dan hutan tetap melibatkan semua unsur masyarakat, terutama model kearifan local. Sehingga partisipasi masyarakat juga akan tumbuh sebagai kesadaran bersama.

“Jangan sampai penanganan yang dilakukan justru nantinya akan memperparah kondisi lingkungan dan semakin rusak,” tegas Heru.