Lingga Miliki Potensi Wisata Ziarah yang Menjanjikan

Selasa, 24 November 2015 21:31 WIB
330x ditampilkan Lingga

LINGGA - Penjabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana memberi pandangan kepada Pemerintah Kabupaten Lingga untuk fokus dalam menggarap potensi pariwisata yang berada diwilayah tersebut, Selasa (24/11).


Pasalnya Lingga yang memiliki potensi wisata ziarah yang menjanjikan untuk pendapatan daerahnya belum tergarap dengan baik oleh pemerintah setempat maupun pihak swasta.

 

"Banyak potensi wisata yang ada Lingga ini, namun belum dikembangkan dengan baik," kata Agung Mulyana saat berkunjung ke Kabupaten Lingga dalam rangka hari jadi Lingga yang ke 12.

 

Menurut dia potensi wisata yang perlu dikembangkan Lingga misalnya wisata budaya, atau lebih tepatnya wisata religi atau ziarah.

 

"Mengingat Lingga ini bundanya tanah melayu kaya akan sejarah dan budaya yang dimiliki. Jadi seharusnya lebih tepat fokus pada wisata ziarah yang harus dikembangkan," kata Agung.

 

Dia mencontohkan wisata ziarah yang ada di blitar, seperti makam Soekarno, dengan hanya satu item itu saja ditotalkan sekitar satu juta pengunjung yang datang beriwisata untuk melihat. Apalagi di Lingga yang banyak memilik makam-makam yang berumur ratusan tahun dimasa pemerintahan kerajaan Melayu.

 

"kita lihat saja dilingga ini banyak sekali makam yang berumur ratusan tahun, seperti yang tersohor makam Sultan-sultannya," papar Agung.

 

Sementara itu, Agung katakan mengingat Lingga dan Malaysia memiliki ikatan emosional dari sejarah yang cukup dekat, akan sangat mendukung sekali parawisata ziarah ini maju apa bila dikembangkan dengan lebih maksimal, sehingga bisa menambahkan pendapatan daerah ini.

 

"pada dasarnya makam Sultan termasyur pertama pada masa kerajaan melayu Riau-Lingga-Johor-Pahang dan Keturunannya ada di Lingga. Jadi Lingga tepat untuk meningkat sektor wisata ziarahnya. Tinggal bagaimana cara pemerintah sendiri untuk mengolah dan mengelolanya," tutup Agung