Tarik Investor, Indonesia Butuh Iklim Investasi yang Kondusif

Ahad, 13 Desember 2015 10:27 WIB
316x ditampilkan Bisnis

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Sofyan Djalil, menyatakan butuh iklim investasi kondusif untuk menarik investasi ke provinsi itu.



"Salah satu faktor penting yang perlu diberikan oleh Pemerintah daerah untuk menarik investor adalah memberikan iklim investasi yang kondusif," katanya di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan pemerintah daerah harus mengoptimalkan investasi dari sektor swasta dan mengajak kalangan masyarakat untuk mengoptimalkan berbagai potensi ekonomi. Sebab, investasi melalui APBN dan APBA serta APBK sangat terbatas.

"Pemerintah daerah harus memikirkan investasi yang dilakukan mampu memberikan dampak besar terhadap berbagai sektor perekonomian seperti pariwisata," katanya.

Menurut dia pemerintah daerah harus memberikan perhatian serius untuk sektor pariwisata seperti Sabang, sebab dengan hadirnya investasi sektor pariwisata akan memberikan dampak besar terhadap sektor ekonomi masyarakat.

"Pemerintah daerah harus memikirkan dan mendorong hadirnya investasi yang bisa menampung banyak tenaga kerja dan menghidupkan sektor ekonomi lainnya," katanya.

Ia menilai Aceh masih memiliki tantangan besar untuk menghadirkan banyak investor sebab berdasarkan data statistik investasi di provinsi tersebut masih minim sehingga perlu kerja keras, salah satunya dengan menghadirkan iklim investasi yang baik.

Pihaknya meyakini dengan iklim investasi yang kondusif akan mampu menghadirkan banyak pelaku usaha untuk memanamkan modalnya di berbagai potensi ekonomi yang dimiliki provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu. (ANTARA)