LKPOD Gelar Dialog Ketahanan Lingkungan

Ahad, 27 Desember 2015 17:46 WIB
526x ditampilkan Tanjungpinang

Lembaga Kajian Politik dan Otonomi Daerah (LKPOD) menggelar kegiatan dialog kepemudaan dengan topik Pemuda untuk Ketahanan Lingkungan kemarin Sabtu (26/12) di Hotel Sampurna, Tanjungpinang Kepulauan Riau. Sebagai narasumber utama dalam kegiatan tersebut Ady Indra Pawennari bersama Direktur LKPOD Raja Dachroni. Ratusan peserta yang terdiri dari berbagai kampus yang ada di Tanjungpinang hadir dalam kegiatan tersebut.

 

 
Menurut Direktur LKPOD Raja Dachroni kepada wartawan kegiatan ini dilakukan karena menyadari semakin rusaknya lingkungan strategis dan parahnya lingkungan yang rusak itu didukung pula dengan kebijakan politik atau dibekingi oleh oknum pejabat.
 
 
"Kita melihat di Kota Tanjungpinang ini khususnya cukup banyak lahan-lahan rusak karena tambang bauksit dan kita melihat kebijakannya juga mendukung untuk ekploitasi besar-besaran dan kita berharap pemerintah berkonsentrasi untuk memperbaikinya dan generasi muda bisa menyadarinya dan kalau pemerintah juga tidak berupaya untuk memperbaiki lingkungan anak muda punya peran strategis untuk menjaga ketahanan lingkungan itu," kata Raja Dachroni.
 
 
Sementara itu, Ady Indra Pawennari pencetus cocopeat media tanam alternatif dan aktifis lingkungan yang menginisiasi dan memberikan solusi untuk menciptakan lingkungan kuat atau mewujudkan ketahanan lingkungan yang sudah rusak itu.
 
"Dengan cocopeat sebenarnya kita bisa mereklamasi atau memperbaiki lahan tandus di Tanjungpinang dengan tanaman, ini perlu dukungan pemerintah karena di Tanjungpinang saja kita sebenarnya punya Rp 22 M dari dana CSR perusahaan tambah yang pernah mengekploitasi bauksit untuk memperbaiki lingkungan hanya saja sampai saat ini belum terlihat dana itu digunakan," kata Ady Indra Pawennari.
 
Dia mengajak kepada peserta untuk bersama-bersama mewujudkan ketahanan lingkungan. Sementara itu, Husnizar Hood yang juga hadir dalam acara itu mengatakan sangat mendukung kegiatan dialog kepemudaan dan memotivasi pemuda untuk menjadi pelopor ketahanan lingkungan.