Kubu Agung Sebut Golkar Tak Punya Fraksi, Kubu Ical: Makin Gila!

Sabtu, 2 Januari 2016 11:32 WIB
275x ditampilkan Nasional

Jakarta - Kubu Agung Laksono berpandangan Golkar tak punya fraksi karena tak ada kepengurusan yang memegang SK Menkum HAM. Kubu Aburizal Bakrie (Ical) menepis pandangan tersebut.



"Huahahahaa.. Makin gila. Yang ngomong pasti belum pernah jadi anggota DPR dan tak paham UU MD3," kata Bendahara Umum Golkar hasil Munas Bali Bambang Soesatyo kepada wartawan, Sabtu (2/1/2016).

Menurut Bambang, pandangan itu ngawur. Menurutnya tidak ada masalah legalitas Fraksi Golkar di DPR, begitu juga dengan 91 anggotanya.

Pengurus Golkar hasil Munas Ancol mengatakan bahwa kekosongan kekuasaan di partai berlambang beringin itu berpengaruh pada 91 kadernya di DPR. Para anggota dewan itu tidak lagi memiliki fraksi.

"Iya mempengaruhi, mereka jadi tidak punya fraksi," kata Ketua DPP Golkar hasil Munas Ancol, Lawrence Siburian dalam pembicaraan, Jumat (1/1/2015).

Fraksi merupakan perpanjangan tangan partai sementara saat ini Partai Golkar tidak memiliki pengurus yang dianggap sah oleh pemerintah. Oleh sebab itu, keputusan fraksi dianggap tidak bisa diakui.

"Keputusannya akan batal demi hukum," ucapnya.

Namun, menurut Lawrence, anggota DPR dari Golkar per individu tidak perlu diragukan keabsahannya. Itu karena mereka dipilih oleh rakyat.

"Tetap sah sebagai anggota DPR, dia legal. Tapi, kebijakan fraksi itu bermasalah," ujar Lawrence.