Pemprov Kepri Serius Kembangkan Wisata Pulau Mangkai Anambas

Ahad, 3 Januari 2016 23:57 WIB
798x ditampilkan Anambas

ANAMBAS (Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan mengembangkan pariwisata di Pulau Mangkai, Kabupaten Kepulauan Anambas mulai 2016. Kepala Bidang Sumber Daya Kelautan Kepulauan Riau Ediwan di Tanjungpinang, Sabtu mengatakan sistem pengelolaan kawasan pariwisata di Pulau Mangkai yang yang berbatasan dengan perairan internasional berbeda dengan daerah lainnya.



"Pulau Mangkai dikelola langsung oleh warga sekitar. Warga merawat dan mengelola aset-aset yang dibangun Pemerintah Kepri," tambahnya.

Dia mengatakan Pemerintah Kepri mulai tahun 2016 akan membangun fasilitas umum di Pulau Mangkai secara bertahap. Pemerintah Kepri akan membangun infrastruktur dasar seperti jalan, pelabuhan dan jembatan.

"Kami akan membangun prasarana pemeliharaan penyu laut di Pulau Mangkai. Ini akan dikelola warga sekitar," ujarnya.

Sementara pembangunan hotel dan galangan kapal akan diserahkan kepada investor. Saat ini sudah ada investor yang tertarik membangun hotel dan galangan kapal di pulau itu.

"Pemerintah harus menyiapkan regulasi yang tepat dan cepat. Regulasi harus menguntungkan investor, warga dan pemerintah," ujarnya.

Ediwan mengatakan Pulau Mangkai memiliki perairan yang bersih, asri dan ekosistem yang masih terpelihara.

Karena itu, kata dia pemerintah merasa optimistis dapat mengembangkan sektor pariwisata di pulau tersebut.

"Ini pulau yang sangat indah, dapat dikelola untuk menghasilkan pendapatan bagi warga dan pemerintah, namun tetap menjaga ekosistem di perairan tersebut," tuturnya. (Antara)