Ketua MPR Nilai Pengumuman Rapor Menteri Picu Kegaduhan

Selasa, 5 Januari 2016 14:17 WIB
340x ditampilkan Nasional

JAKARTA -- Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai, pengumuman hasil kinerja para menteri oleh Menteri PAN-RB, Yuddy Christiandi bisa picu kegaduhan. Apalagi tak sedikit menteri dalam Kabinet Kerja berasal dari partai politik.



"Menurut saya, karena menteri dari parpol, mungkin itu konsumsi internal. Kalau di-publish, membuat kegaduhan baru," kata Zulkifli, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/12.

Meski, penilaian yang dilakukan MenPAN RB pada dasarnya berdasarkan UU dan intruksi presiden.

"Tapi menurut saya, karena menteri dari parpol, mungkin itu konsumsi internal. Kalau dipublish, membuat kegaduhan baru,'' kata Zulkifli, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (5/12.

Ia berpendapat seharusnya kinerja para menteri tak perlu diumumkan ke publik, tetapi untuk konsumsi internal pemerintahan.

''Apakah disampaikan dalam sidang kabinet, atau ke menteri yang terkait. Jangan di publish karena membuat kegaduhan baru,'' ucapnya.

Sebelumnya, MenPAN-RB, Yuddy Christiandi mengumumkan kinerja kementerian/lembaga. Ada 10 kementerian yang memiliki kinerja baik. Posisi puncak ditempati oleh Kementerian Keuangan. Di saat yang sama, ia juga mengumumkan 10 kementerian/lembaga yang kinerjanya buruk. Posisi buncit ditempati oleh Kejaksaan Agung.