KPK Tangkap Tangan Anggota DPR Fraksi PDIP

Kamis, 14 Januari 2016 11:28 WIB
159x ditampilkan Nasional

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap anggota DPR berinisial DPW yang diduga kader PDIP. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto langsung merespons penangkapan itu dengan mengeluarkan press realese.

 

Menyikapi hal itu, Pengamat Politik AS Hikam menilai, respons cepat Hasto itu menujukkan bahwa seolah-olah PDIP sudah tahu kader mereka akan ditangkap.

 

“Arti respons cepat itu, ya mungkin mereka sudah tahu ada kader yang akan ditangkap. Atau bisa juga orang-orang seperti yang ditangkap itu sebenarnya sudah diawasi oleh PDIP,” ujarnya kepada Okezone, Kamis (14/1/2016).

 

Selain itu, penangkapan DPW dinilai ikut mencoreng program Revolusi Mental yang digaungkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga kader PDIP. “Ada program Revolusi Mental, ternyata elite mereka yang diduga korupsi,” ucap AS Hikam.

 

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ikut berkomentar terkait kabar penangkapan diduga anggota Komisi V DPR asal Fraksi PDIP berinisial DWP.

 

Menurut Tjahjo, kader PDIP yang diduga diamankan KPK pada Rabu 13 Januari 2016 sore, merupakan pengusaha kaya yang berasal dari Dapil Jawa Tengah IX (Tegal-Brebes).

 

(OKZ)