Rakornas PKS Hasilkan Rp 312 Juta

Kamis, 14 Januari 2016 10:40 WIB
121x ditampilkan Nasional

Jakarta - PKS mengumpulkan dari kader dan simpatisan untuk menggelar Rakornas 2016. Pengumpulan dana itu dinamai Gerakan Lima Puluh Ribu (Galibu). Hasilnya, terkumpul Rp 312 juta.



Hasil Galibu dilaporkan PKS melalui akun twitter @PKSejahtera, Rabu (13/1/2016). Total dana yang terkumpul hingga pukul 15.00 WIB sebesar Rp 312 juta, terbagi dalam tiga rekening, di Bank Mandiri Rp 159 juta, di Bank Syariah Mandiri Rp 146 juta dan di BCA Rp 7 juta.

Tradisi Galibu ini dulu selalu digiatkan oleh PKS untuk kegiatan internal partai, namun sempat terhenti. Kini, di era kepemimpinan Sohibul Iman, Galibu kembali digalakkan.

"Biar sedikit asal berkah. #GalibuPKS," komentar anggota Majelis Pertimbangan PKS Tifatul Sembiring lewat akun @tifsembiring. Tifatul mengomentari hasil Galibu Rp 312 juta.

Menyusul dihidupkannya lagi Galibu, PKS pun tak bermewah-mewahan saat menggelar acara internal. Sejak Sohibul Iman jadi presiden partai, acara-acara akbar PKS digelar di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, sebuah hotel bintang 3.

Bandingkan dengan acara akbar PKS sekitar 6 Tahun lalu, tepatnya pada Juni 2010, PKS pernah menggelar Munas ke-3 dengan mewah di Hotel Ritz-Carlton Jakarta. Anggaran yang dihabiskan untuk munas di hotel bintang 5 itu mencapai Rp 10 miliar.

Acara Rakornas memang tak seakbar munas. Namun Munas ke-4 PKS juga tak digelar dengan mewah. Munas ke-4 juga digelar di Hotel Bumi Wiyata, Depok, dengan memberdayakan Galibu yang hasilnya mencapai Rp 1,2 miliar.