Menuai Kecaman, Game Rasis Ini Akhirnya DItarik

Diterbitkan oleh pada Selasa, 19 Januari 2016 08:26 WIB dengan kategori Internasional dan sudah 1.566 kali ditampilkan

AUSTRALIA - Seharusnya ada batasan yang jelas di mana sebuah game terinspirasi atau mengambil alur cerita agar tidak menyinggung banyak orang. Namun sepertinya batasan ini dilupakan oleh developer gim ini saat merilis gim baru mereka untuk platform Android dan iOS.

 

Berjudul "Survival Island 3 - Australian Story", gim ini mengisahkan bagaimana Anda harus menemukan cara untuk bertahan hidup di salah satu tempat paling berbahaya di dunia -Australia-, dan melawan suku asli Aborigin yang menyerang.

Dianggap menghina penduduk asli Australia, sejumlah orang langsung melayangkan petisi yang meminta agar gim ini ditarik dari peredaran.

 

sejak pertama kali petisi ini muncul di Change.org sudah ada 50.000 orang yang menandatangani petisi ini. Beberapa bahkan memberikan komentar yang mengutuk tindakan developer gim tersebut sangat tidak pantas dan diskriminasi.

Sejak muncul petisi hingga saat ini, game tersebut sudah hilang dari peredaran dari iTunes dan Google Play. Baik Apple dan Google hingga saat ini tidak memberikan alasan atau komentar secara resmi alasah kenapa gim ini bisa masuk dan kemudian ditarik dari pasaran.

Aborigin adalah penduduk asli Australia yang memiliki sejarah diskriminasi yang cukup menyayat hati. Sejak pendudukan Inggris di tanah Australia hingga saat ini, total populasi penduduk Australia semakin lama kian berkurang. Saat ini saja penduduk asli Australia ini hanya mencapai 470,000 orang dari 23 juta total populasi penduduk Australia.

Sebenarnya ini bukan pertama kali sebuah game memicu debat, beberapa waktu lalu isu lain tentang seksisme dalam game juga sempat muncul dan memicu debat antar gamer pria dan jurnalis wanita dalam perang daring (online) yang dikenal dengan nama 'Gamergate'.

Perusahaan game  juga sering kali mendapat kritikan beberapa kali bagaimana "gambaran" sebuah karakter orang berkulit hitam dan sejumlah ras lainnya.