Bahan Bakar Hidrogen Dari Daun Buatan

Jumat, 22 Januari 2016 13:38 WIB
396x ditampilkan Teknologi

cadangan sumber bahan bakar fosil yang semakin menipis membuat para peneliti di dunia mereka berlomba-lomba untuk menciptakan sumber energi baru yang ramah dan bersih. bahkan para ilmuwan dan peneliti kini tengah fokus terhadap pengembangan teknik Biomimicry , yaitu mengadaptasi kemampuan makhluk hidup atau alam dalam menciptakan desain, sistem, dan proses sebuah produk bekerja.

 

Para peneliti dari State Key Lab of Matrix Composites di Universitas Shanghai Jiaotong China tengah melakukan riset Artificial Inorganic Leaf (AIL) menggunakan metode Biomimicry. AIL adalah sejenis daun buatan yang dibuat menyerupai daun aslinya.

 

mereka tengah meneliti kemampuan AIL untuk menghasilkan bahan bakar hidrogen dari proses daun tersebut menyerap energi matahari dan air. menggunakan teknik spektroskopik untuk mempelajari daun dari tanaman Anemone vitifolia, tanaman asli China, para peneliti mendapatkan pemahaman baru untuk menyalurkan dan mengarahkan energi matahari pada suatu titik dimana energi tersebut bisa dipanen.

 

Peneliti juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai photo-katalis tanaman yang mengarah pada desain sempurna dari AIL.
Daun buatan ini masih dalam tahap desain awal. Tapi apabila para peneliti berhasil menciptakan prototipe daun tersebut maka dunia memiliki harapan dalam memproduksi bahan bakar hidrogen dengan cara yang sangat murah dan efektif