KPU Bakal Sahkan Pasangan Pemenang Pilkada Kepri Besok

Jumat, 22 Januari 2016 20:56 WIB
275x ditampilkan Kepri Terkini

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau akan melaksanakan rapat pleno penetapan pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih di Asrama Haji Tanjungpinang, pada Sabtu (23/1) besok.

 

“Sabtu (23/1) besok, kita akan laksanakan penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih,” ucap Ketua KPU Provinsi Kepri, Said Sirajuddin kepada metrokepri.co.id melalui telepon selulernya seusai Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Paslon Soerya – Ansar, Jumat (22/1) petang.

Hal senada juga disampaikan, Ketua Kelompok Kerja Hukum KPU Kepri, Ridarman Bay. “Kami sudah beberapa hari di MK, hari ini putusan terkait gugatan Pilkada Kepri dan Pilkada Karimun,” kata Ridarman.

Dia mengutarakan, KPU Kepri juga sudah mempersiapkan rencana kerja jika gugatan Soerya – Ansar ditolak maupun diterima MK.

“Jika ditolak, maka KPU Kepri memutuskan jadwal pelaksanaan rapat pleno penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terpilih pada Sabtu (23/1) sekitar pukul 16.00 WIB di Asrama Haji Tanjungpinang,” ucapnya.

Sementara, Komisioner KPU Kepri, Arison menyampaikan, gugatan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo – Ansar Ahmad ditolak MK karena tidak memenuhi Pasal 158 UU Nomor 8 tahun 2015.

“Dalam ketentuan itu ditegaskan, ambang batas selisih suara antara pasangan calon untuk wilayah yang berpenduduk sampai dengan 2 juta orang yakni 0,5 – 2 persen,” ujarnya.

Dia mengatakan, hasil rapat pleno rekapitulasi suara Pilkada Kepri 2015 yang dilaksanakan KPU Kepri pada 19 Desember 2015 lalu, pasangan calon nomor urut I, HM Sani – Nurdin Basirun unggul dan memperoleh suara sebanyak 347.515.

“Sedangkan pasangan calon Soerya Respationo – Ansar Ahmad hanya 305.688 suara,” katanya.

Dia menambahkan, hasil penghitungan suara Pilkada Kepri 2015 antara dua pasangan calon lebih dari 2 persen. Sehingga MK mengabulkan eksepsi KPU Kepri sebagai termohon. (METROKEPRI)