Pembangunan Trans Papua Menjadi Fokus Utama 2016

Sabtu, 23 Januari 2016 19:00 WIB
502x ditampilkan Nasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih menjadikan proyek pembangunan Trans Papua dalam prioritas kerja 2016. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, selain Trans Papua, pembangunan delapan bendungan juga masuk dalam fokus kerja tahun ini.

 

"Saya kira melanjutkan prioritas 2015, delapan bendungan besar, tol Trans Jawa, perbatasan, Trans Papua dan sejuta rumah kita teruskan," kata dia di kawasan Tebet, Jakarta, Sabtu (23/1/2016).

 

Selain itu, kementerian yang dipimpinnya juga tengah menggarap 10 destinasi unggulan. Sebut saja Labuan Bajo di Flores, Danau Toba, Belitung, Borobudur, Bromo hingga Raja Ampat.

 

"Semua dikeroyok dengan pembangunan, terutama sanitasi dan air minum. jadi seprti perintah Presiden yang Labuan Bajo sudah saya sampaikan, mereka kurang air minum dan sanitasi. sanitasi diminta yang bintang empat. jadi supaya turis juga lebih senang tinggal di sana," tambahnya.

 

Untuk proyek tersebut, Basuki bilang, anggaran yang diperlukan tidak terlalu besar. Dia mengatakan, untuk sanitasi dan air minum menggunakan program liter per detik. "Program sudah ada. kalau di PU programnya liter per detik. jadi tempatnya bisa dimana-mana," tukasnya.


(okz)