Pemkab Bintan Diharapkan Benahi Manajemen UMKM

Senin, 25 Januari 2016 17:19 WIB
282x ditampilkan Bintan

BINTAN - Penjabat Bupati Bintan, Doli Boniara, mengungkapkan permasalahan yang terjadi terhadap UMKM di Bintan adalah masih lemahnya UMKM mengelola menajemen keuangan. Dikatakannya, lemahnya manajemen keuangan UMKM tersebut dapat dilihat dari pengelolaan uang antara modal dan keuntungan. Ia mencontohkan, UMKM belum secara maksimal memisahkan antara modal dengan keuntungan. Mereka juga belum memiliki pembukuan yang akurat. "Mestinya harus dipisahkan antara modal dengan keuntungan," katanya.


Selain itu, lanjutnya, lemahnya manajemen UMKM ini akan menjadi tugas pihak Bupati Bintan terpilih ke depan. Karena sebagai instansi terkait dalam pengelolaan UMKM. "mereka akan memberi pemahaman masyarakat tentang UMKM," terangnya, Senin (25/01/2016).


Hal ini dilakukannya, karena melihat potensi UMKM di Bintan itu sangat banyak. Dia mencontohkan seperti pedagang kerupuk termasuk salah satu UMKM. Namun masalahnya, pedagang kerupuk biasanya belum bisa mengelola keuangan dengan baik. "Kami perhatikan pedagang kerupuk itu biasanya mengambil barang dagangan untuk keperluan rumah tangga dan tidak dicatat sebagai pembelian, artinya ada manajemen yang tidak baik, pemahaman ini yang coba kami rubah nanti," paparnya.