Menyoal Sempitnya Lapangan Pekerjaan

Kamis, 24 Maret 2016 20:43 WIB
679x ditampilkan Opini

Semua orang dewasa sudah pasti ingin mendapatkan pekerjaan,untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dan untuk bertahan hidup dalam keseharian.

 Tetapi, tidak semua orang dalam hidup ini dapat memperoleh pekerjaan karena keterbatasan lapangan pekerjaan. Selain faktor tersebut, sekarang ini mencari pekerjaan pun sulit karena harus bersaing dengan orang-orang lain yang juga ingin memperoleh pekerjaan. Keterbatasan tenaga kerja juga  menjadi masalah ketenagakerjaan. Tidak ada satupun negara yang tidak terlepas dari masalah ketenagakerjaan ini, baik itu negara maju maupun negara berkembang. Hanya saja permasalahan yang dihadapi antara negara-negara maju dan negara-negara berkembang dalam menghadapi permasalahan tersebut memiliki bentuk berbeda dan juga memiliki cara pemecahan masalah yang berbeda pula.

Tak ada yang lebih pedih dari pada menjadi seorang pengagguran. Apalagi pengangguran terdidik. Masa kuliah 4 atau 5 tahun seperti terbuang sia-sia, dan juga menghabiskan biaya kuliah puluhan juta dari orang tua. Bukannya mereka tidak mau bekerja, tapi mereka belum mempunyai kesempatan untuk bekerja. Hal ini menjadi suatu permasalahan yang kerap terjadi di Indonesia masalah keterbatasan kesempatan kerja ini dirasakan oleh sarjana-sarja yang berada di wilayah kota Tanjungpinang. Yang mana setiap tahun dari masing-masing kampus tidak hanya kota Tanjungpinang tetapi setiap daerah lainnya mengeluarkan ratusan bahkan ribuan Sarjana-sarjana ( S1 ) yang akan memulai bekerja dan mencari pekerjaan namun, dengan keterbatasan kesempatan kerja menjadikan seseorang tersebut berdiam diri sehingga makin meningkatnya jumlah penggangguran di Indonesia. Berpendidikan tinggi tidak ada artinya jika seseorang tidak mampu untuk mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai dengan ijazah yang mereka miliki memang dalam suatu pekerjaan sangat dibutuhkan skill dalam bekerja namun keterbatasan kesempatan kerjapun menjadi penghambat seseorang untuk mendapatkan pekerjaan.

Permasalahan ketenagakerjaan yang berkaitan dengan keterbatasan kesempatan kerja yang dirasakan oleh Sarjana-sarjana ini harus mendapatkan perhatian yang serius dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta. Masalah ketenagakerjaan merupakan masalah pokok yang harus dihadapi oleh negara dan masyarakat Indonesia untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur. Oleh karena itu pemerintah harus merangkul swasta untuk bersama-sama mengurangi dan menuntaskan masalah ketenagakerjaan di Indonesia ini.

Banyak hal yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan diantaranya dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang terkait dengan ketenagakerjaan. Kebijakan-kebijakan tersebut diwujudkan dalam usaha konkret, yaitu memperluas kesempatan kerja dan lapangan kerja serta meningkatkan mutu tenaga kerja.  Dan membuka lapangan kerja yang luas bagi sarjana-sarjana agar ilmu dan ijazah yang mereka miliki bermanfaat tidak hanya tersimpan rapi di dalam lemari.

*Mahasiswa STISIPOL Raja Haji