Peresmian Bandara Natuna Masih Menunggu Izin Kemenhub

Kamis, 31 Maret 2016 20:46 WIB
1799x ditampilkan Natuna

NATUNA - Upaya Pemkab Natuna untuk menyegerakan peresmian bandara Ranai, sebelum berakhirnya masa jabatan bupati Ilyas Sabli masih menunggu izin dari kementrian Perhubungan.

 

Kabid Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika Kabupaten Natuna, Sapta Nugraha, mengatakan kemungkinan peresmian dapat dilaksanakan pada Mei 2016.

 

Namun peresmian tersebut bukan berarti bandara itu bisa langsung dipergunakan, karena pemerintah hanya meresmikan pembangunan fisik yang telah selesai dikerjakan oleh pihak kontraktor namun belum dapat difungsikan.

 

"Untuk peresmian fisik sudah bisa dilakukan, namun untuk penggunaan masih harus mengurus izin dan Mou dengan TNI AU karena berada diwilayah Lanud Ranai," jelas Sapta.

 

Sementara wacana untuk meresmikan Bandara tersebut bersamaan dengan peresmian bandara Letung di Anambas kemungkinan tidak dapat dilaksanakan mengingat hingga saat ini bandara Letung belum selesai pengurusan administrasi di propinsi.

 

"Jadi akan diresmikan Ranai saja tidak dengan Bandara Letung itu. Karena kalau nunggu berarti tidak bisa diresmikan bulan Mei. Sementara Bupati kan ingin digesa." katanya.

 

Dalam upaya menggesa peresmian bandara Ranai itu, Pemerintah Kabupaten Natuna telah menyelesaikan hutang pembangunan kepada pihak kontraktor yang masih tersisa sekitar Rp34 miliar.

 

Diharapkan, pertengahan 2016 bandara Ranai sudah dapat dioperasionalkan untuk kegiatan penerbangan sipil di Natuna.


(ant)