Kiat Sukses ala Lulusan S-2 Terbaik UNAIR

Sabtu, 16 April 2016 19:41 WIB
268x ditampilkan Pendidikan

JAKARTA - Lulus S-2 dari Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) dengan IPK 3,89 sekaligus didapuk sebagai lulusan terbaik tak membuat Nilla Sari Dewi Lustitiani jumawa. Sebaliknya, sejauh ini dia masih aktif membantu salah satu layanan yang ada di fakultas, terutama dalam program kerjasama antara UNAIR dengan UNICEF pada program PAUD Pro Marginal di Jawa Timur.

Bahkan, wanita kelahiran Makassar itu turut membantu pengambilan data dalam penelitian "Inklusi Keuangan" dan "Kekerasan pada Perempuan". Sedangkan sisa waktu lainnya dihabiskan untuk berkumpul bersama teman-temannya.

"Bersyukur saya bisa membagi waktu kapan untuk belajar, bekerja, dan kapan bersama orang-orang yang saya senangi," ucap Nila dikutip dari laman Unair, Sabtu (16/4/2016).

Nila menjelaskan, kesuksesannya meraih IPK tinggi tidak membutuhkan resep khusus. Menurut dia, yang terpenting adalah mengerjakan sesuatu dengan maksimal dan sebaik-baiknya.

"Sejauh ini tidak ada kiat sukses apa pun. Kerjakan apa pun tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya sesuai kemampuan kita," terangnya.

Selain itu, ujar dia, seorang mahasiswa harus rajin membaca dan bersikap kritis. "Banyaklah membaca dan kritislah terhadap situasi yang ada, itu cukup membantu," tutur alumnus Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta itu.

Dalam tesisnya, Nila mengangkat judul "Efektivitas Pelatihan Among untuk Mengurangi Kecenderungan Orangtua Melakukan Penderaan pada Anak (child abuse)". Alasannya, sejauh ini belum ada metode yang tepat untuk mengatasi kekerasan pada anak, terutama yang dilakukan oleh orangtua.

"Dalam pengasuhan, anak sering menjadi objek belaka. Karena itu saya ingin mencoba pendekatan lain untuk meningkatkan kesadaran orangtua dan mengubah perilaku mereka agar tidak lagi melakukan penderaan atau kekerasan pada anak," tandasnya.*Okz