Empat Cara Membina Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja

Senin, 18 April 2016 08:32 WIB
364x ditampilkan Pendidikan

Rekankerja di kantor merupakan orang-orang yang paling banyak ditemui. Hampir setiap hari, mulai pukul sembilan pagi hingga enam sore, berinteraksi dengan rekan kerja adalah rutinitas yang dilakukan oleh pekerja di kantor. Untuk itu alangkah baiknya jika hubungan baik tercipta dengan rekan kerja agar semangat kerja tetap terjaga dan tidak mengganggu mood atau produktivitas.

Empat tips berikut ini adalah cara yang bisa Anda terapkan untuk membina hubungan baik dengan rekan kerja.

Hindari bergosip

Yang perlu diperhatikan oleh seluruh pegawai di kantor adalah menghindari bergunjing atau membicarakan rekan kerja lainnya. Jika Anda mengetahui beberapa rahasia tentang rekan kerja Anda, coba untuk rahasiakan informasi tersebut dan jangan sebarkan kepada rekan kerja lainnya. Yang perlu diingat adalah untuk selalu menghormati semua urusan rekan Anda dan jangan menyebarkan informasi yang salah atau tidak tepat tentang rekan kerja Anda.

Terapkan etika yang baik

Hal ini juga menjadi wajib untuk dilakukan, mulai dari hal-hal yang kecil seperti kebiasaan menerima telefon, menjawab e-mail hingga kebiasaan lainnya yang kerap Anda lakukan di tempat kerja. Perhatikan tata krama Anda saat bekerja dan upayakan untuk menerapkan etika yang baik saat sedang berinteraksi dengan rekan kerja di kantor.

Bersikap baik dengan rekan kerja

Perilaku yang satu ini bisa Anda terapkan terutama ketika Anda melihat rekan kerja mengalami kesusahan dan butuh bantuan. Coba tawarkan bantuan tersebut seperti bersedia menemaninya lembur dan menyelesaikan pekerjaan yang ada hingga selesai, menawarkan untuk membantu membuat presentasi dan masih banyak lagi. Bantuan seperti itu bukan hanya berguna bagi rekan kerja Anda, namun tentunya akan selalu diingat semua jerih payah Anda menyisihkan sedikit waktu untuk membantu rekan kerja yang sedang membutuhkan bantuan.

 

Menjadi pendengar yang baik

Ketika waktunya istirahat atau makan siang bersama, menjadi pendengar yang baik dan mendengarkan keluh kesah rekan kerja juga bisa dilakukan utnuk membina hubungan yang baik. Anda hanya cukup bersikap netral dan menjadi pendengar yang baik, jika diperlukan berikanlah nasihat namun jika tidak cukup mendengarkan dan tidak perlu memberikan kontribusi masukan kepada rekan kerja.*Okz