Inilah Empat Langkah Memaksimalkan Cashback Kartu Kredit

Sabtu, 23 April 2016 07:32 WIB
156x ditampilkan Bisnis

JAKARTA - Kartu kredit bukanlah istilah yang asing lagi di masyarakat Indonesia sebagai alat bantu transaksi pengganti uang tunai. Kartu kredit memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan untuk membantu penghematan sehari-hari. Salah satu fitur utama kartu kredit tersebut adalah fitur cashback.

Pada saat kita melakukan suatu transaksi yang dikenai fitur cashback, maka limit kartu kredit akan dikembalikan sejumlah nilai promo yang diberlakukan. Sebagai contoh, ada promo cashback 10 persen untuk transaksi belanja di supermarket dengan ketentuan belanja minimal Rp 200 ribu. Jika kita belanja dengan nilai Rp 200 ribu, maka kita akan mendapatkan cashback sebesar Rp20 ribu (10 persen * Rp 200 ribu).

Nah, bagaimana cara kita memaksimalkan fitur cashback ini agar penghematan yang kita peroleh menjadi maksimal? Simak empat langkah berikut:

1. Kenali gaya hidup dan pola transaksi sehari-hari.

Mengenali gaya hidup dan bagaimana kita bertransaksi sehari-hari akan mempengaruhi pemilihan kartu kredit yang tepat nantinya. Pola transaksi setiap orang akan berbeda-beda tergantung dari kondisi lingkungan dan keluarga kamu. Sebagai contoh, orang yang sudah berkeluarga tentu akan memiliki pola transaksi yang berbeda orang yang belum berkeluarga karena tidak ada pengeluaran untuk persiapan kebutuhan anak atau rumah misalnya.

2. Selalu cermati tawaran promo

Agar kartu kredit kamu dapat dimanfaatkan dengan maksimal, kamu perlu up-to-date dengan berbagai tawaran promo yang terkait dengan kartu kredit yang kamu miliki. Kamu dapat berlangganan newsletter dari bank penerbit kartu kredit kamu, atau rajinlah memeriksa online secara berkala untuk berbagai promo cashback

3. Bayari teman yang berbelanja

Jika kamu memiliki teman yang ingin membeli suatu kebutuhan, di mana terdapat promo cashback untuk kebutuhan tersebut, maka kamu bisa menawar untuk membayarkan lebih dulu transaksi tersebut. Gunakan kartu kredit yang memiliki fitur cashback untuk membayari kebutuhan tersebut. Namun, jangan lupa untuk menagih teman kamu ya. Jangan sampai utang kamu ditunggak oleh temanmu.

4. Pakai kartu kredit yang tepat

Hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah memegang kartu kredit yang tepat berdasarkan seluruh langkah sebelumnya. Jika kartu kredit yang kamu miliki tidak sesuai, maka kamu tidak akan bisa memaksimalkan promo cashback dari kartu kredit tersebut.

Sebagai contoh, kamu bukan orang yang gemar makan di restoran namun senang belanja baju dan tas baru di toko ritel. Kalau kartu kredit yang kamu pegang lebih dikhususkan untuk promo makan restoran, maka kamu akan kehilangan manfaat kartu kredit tersebut.

Sebaiknya, carilah kartu kredit lain yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa memanfaatkan situs perbandingan produk keuangan seperti HaloMoney.co.iduntuk mempermudah kamu melakukannya.