Rieke Minta Ahok Tak Terlalu Reaktif

Diterbitkan oleh pada Sabtu, 23 April 2016 07:03 WIB dengan kategori Nasional dan sudah 607 kali ditampilkan

JAKARTA -- Anggota Komisi II DPR, Rieke Diah Pitaloka, merespons kritikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait calon independen pada Pilkada DKI Jakarta. Ia menjelaskan, penggunaan meterai dalam memberikan dukungan tidak dimaksudkan memberatkan calon perseorangan karena ide itu muncul untuk melindungi hak suara masyarakat.

"Tidak dapat dimungkiri, ada oknum-oknum yang mencari celah dalam kesempitan dengan menjual KTP," katanya, di Jakarta, Jumat (22/4).

Diah menjelaskan, bisa saja ada oknum yang menjual KTP di kelurahan sehingga diperlukan meterai untuk memberikan kekuatan hukum pada masyarakat yang mendukung calon perseorangan.

Terkait kritikan Ahok menyikapi kebijakan itu, Rieke meminta Ahok tidak perlu memikirkan akan mengeluarkan biaya besar. "Jika masyarakat murni mendukung, pasti tidak akan ada masalah mereka membeli meterai demi pemimpin yang sesuai hati nuraninya," ujarnya. Menurut dia, apabila masyarakat memberi dukungan dari hati, mereka pasti rela membeli meterai untuk memberikan dukungan.*Rol