Manfaat Film Horor Bagi Kesehatan

Diterbitkan oleh pada Kamis, 28 April 2016 10:55 WIB dengan kategori Konsultasi Kesehatan dan sudah 778 kali ditampilkan

Jantung berdebar dan napas terengah-engah menjadi efek yang tampak saat seseorang menyaksikan film horor. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan menonton film horor dapat membuat terjadinya reaksi pembekuan darah dalam tubuh.

 

Namun tak semua film horor memberikan efek yang negatif. Seperti dikutip laman jarviscity.com, Kamis (28/4/2016), menonton film horor memberikan beberapa manfaat positif untuk kesehatan.

 

1. Mampu membakar kalori

 

Tak banyak orang yang mengetahui hal ini. Menonton film yang  menakutkan dapat membuat kalori dalam tubuh terbakar. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di Inggris menemukan, seseorang mampu membakar 200 kalori mereka saat menonton satu film horor.

 

Menurut sebuah studi yang dilakukan di New York, film horor akan memberikan pengalaman seseorang dalam mengendalikan emosi hingga mengatasi kondisi stres sehari-hari.

 

Hal tersebut terjadi karena alur film horor yang menegangkan menjadikan seseorang berpikir untuk mengalihkan ketakutan, kecemasan, dan stres. Jika seseorang sedang stres mereka mampu mengatasinya dengan mengalihkan kecemasan dan stres mereka kepada kondisi yang lebih tenang.

 

3. Melatih adrenalin

 

Ahli medis percaya bahwa menonton film horor dapat memicu dan melatih adrenalin pada seluruh anggota tubuh. Rasa penasaran dan ketidakpastian di setiap adegan di film akan mengaktifkan kelenjar adrenal untuk memompa adrenalin ke seluruh tubuh sehingga memberikan dorongan energi.

 

4. Baik untuk otak

 

Emosi yang terjadi saat menonton film horor menyebabkan sekresi kimia baik pada otak, seperti dopamin, serotonin dan glutamat sehingga menyebabkan seluruh tubuh merasakan adrenalinnya.