Semifinal Liga Champions Sajikan Partai Ketat

Sabtu, 30 April 2016 09:07 WIB
238x ditampilkan Olah Raga

MADRID - Hanya satu gol yang tercipta pada dua partai leg pertama semifinal Liga Champions yang digelar tengah pekan ini. Satu-satunya gol itu dicetak gelandang muda Spanyol, Saul Niguez, yang mengantarkan Atletico Madrid menang tipis 1-0 atas Bayern Muenchen di Vicente Calderon, Kamis (28/4) dini hari WIB.

Adapun partai semifinal lainnya yang berlangsung sehari sebelumnya antara tuan rumah Manchester City melawan Real Madrid berakhir dengan skor kacamata.

Meskipun irit gol, dua partai leg pertama Liga Champions tahun ini menyajikan laga yang ketat. Seperti dijumpai pada laga antara Atletico melawan Muenchen dimana tim tamu sebenarnya juga banyak menghasilkan peluang matang yang sayangnya gagal dikonversi menjadi gol.

Justru Atletico, yang sepanjang laga lebih banyak dipaksa bertahan, mampu mencuri gol lewat Saul yang aksi solo run-nya sebelum menaklukkan kiper Manuel Neuer disebut-sebut menyerupai aksi Lionel Messi saat menjebol gawang Athletic Bilbao pada final Copa del Rey musim lalu.

"Itu jelas merupakan gol terpenting dan terindah yang tercipta sepanjang karier saya," ujar Saul, yang merupakan penggawa tim nasional Spanyol U-21.

Pelatih Atletico Diego Simeone pun tak sungkan-sungkan memuji performa timnya pada laga tersebut. Meskipun laga itu dikuasai Muenchen dengan penguasaan bola mencapai 71 persen, yang menyisakan penguasaan bola 29 persen saja untuk Atletico, pelatih asal Argentina itu menyebut itu sebagai salah satu penampilan terbaik timnya musim ini.

"Itu barangkali merupakan versi terbaik dari tim ini. Penampilan kami mirip dengan laga (perempat final) melawan Barcelona. Kami menunjukkan permainan yang kami inginkan pada laga tersebut," tutur pelatih berusia 46 tahun itu.

Atletico bahkan seharusnya bisa menggandakan keunggulan seandainya saja tendangan Fernando Torres yang tinggal berhadap-hadapan satu lawan satu dengan Neuer tidak membentur tiang gawang sebelah kanan.

Meskipun timnya kalah, pelatih Muenchen Pep Guardiola mengaku puas dengan performa timnya. Apalagi para penggawanya sebenarnya mampu mencetak banyak peluang di mulut gawang Los Rojiblancos. Hanya saja, rapatnya lini belakang lawan yang dikomandoi Jan Oblak membuat Robert Lewandowski dan kawan-kawan seolah menjadi macan ompong.

"Kami bermain sangat baik dan memperoleh banyak peluang untuk mencetak gol. Namun Atletico memulai pertandingan dengan lebih baik," tutur Guardiola.

Eks pelatih Barcelona itu yakin Die Roten mampu membalikkan keadaan pada leg kedua yang digelar di Allianz Arena pekan depan. "Pada leg kedua kami harus bermain lebih cerdas. Kami butuh kesabaran. Kami hanya butuh satu gol untuk setidaknya mencapai babak waktu tambahan," ujar Pep.

Optimisme yang sama juga diusung gelandang Bayern, Xabi Alonso. Menurut eks pemain Liverpool dan Real Madrid itu Bayern masih berpeluang besar untuk melangkah ke final. "Sebagian besar fan Atletico pasti sudah berpikir tim mereka sudah mencapai final. Namun kami masih memiliki 90 menit untuk mengalahkan mereka," ujar gelandang berusia 35 tahun itu.

Pada partai semifinal lainnya sehari sebelumnya, Manchester City harus puas dengan hasil 0-0 saat menjamu Real Madrid di Stadion Etihad. The Citizens bahkan bisa memperoleh hasil lebih buruk seandainya saja Joe Hart tidak tampil gemilang di bawah mistar gawang. Beruntung, kiper timnas Inggris itu mampu mementahkan dua peluang emas dari jarak dekat yang diperoleh Casemiro dan Pepe.

Meskipun bakal menjalani laga berat di Santiago Bernabeu pekan depan, manajer City Manuel Pellegrini tidak berpikir timnya inferior di hadapan tim yang pernah diasuhnya tersebut. "Saya tidak berpikir mereka (Madrid) favorit. Seperti yang saya katakan sebelum laga, kami memiliki peluang yang sama dengan Real Madrid," ujar pelatih asal Cile itu.

Pada laga di Bernabeu pekan depan, City dipastikan tak akan diperkuat salah satu gelandangnya, David Silva, yang mengalami cedera hamstring pada leg pertama. Akan tetapi Madrid juga belum pasti diperkuat bintangnya, Cristiano Ronaldo, yang kemarin juga absen lantaran cedera yang diperolehnya pada partai melawan Villarreal di ajang La Liga dua pekan lalu.

"Saya gembira dengan sikap tim ini dan apa yang mereka tunjukkan di lapangan. Peluang terakhir kami akan terjadi saat tampil di kandang," kata bek Madrid, Sergio Ramos. (rol)