Murid Membagikan Bunga Kepada Guru Saat Hardiknas

Senin, 2 Mei 2016 08:40 WIB
334x ditampilkan Nasional

AMBON - Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2016 di Kota Ambon, Maluku, Senin pagi diwarnai pemberian bunga oleh para siswa kepada guru mereka.

Para siswa sekolah dasar (SD), SMP maupun SMA dan sederajat sejak pukul 06.30 WIT telah mendatangi sekolah masing-masing untuk mengikuti upacara yang dimulai pukul 07.00 WIT (09.00 WIB).

Siswa diwajibkan menghadiri upacara peringatan Hardiknas di sekolah masing-masing menggunakan baju cele yang merupakan pakaian tradisional masyarakat Maluku.

Baju cele bermotif kotak-kotak telah ditetapkan Pemerintah Kota Ambon sebagai seragam wajib digunakan siswa dan guru pada setiap hari Kamis.

Setiap siswa juga diwajibkan membawa dua tangkai bunga yang akan diberikan kepada guru kelas masing-masing saat perayaan Hardiknas 2016.

Selain itu, mereka juga diwajibkan membawa aneka kue, makanan dan minuman untuk kegiatan makan bersama dengan para guru usai mengikuti upacara perayaan Hardiknas.

Makanan dan minuman yang dibawa, telah ditentukan oleh guru masing-masing, sehingga ada variasi menu saat kegiatan makan bersama berlangsung.

Peringatan Hardiknas setiap tahun turut memberikan keuntungan bagi para penjual bunga dadakan di Ambon.

Harga bunga dijual pedagang berkisar antara Rp10.000 hingga Rp50.000 tergantung jenis bunga serta hiasan yang digunakan, di antaranya plastik pembungkus, macam-macam pita serta aneka hiasan lainnya.

"Beta (saya) diwajibkan membawa 2 tangkai bunga yang akan diberikan kepada wali kelas," kata Freisha, siswa kelas 4 SD Xaverius Ambon.

Dua tangkai kembang yang dibawa telah dibeli Freisha bersama ibunya, sejak Minggu (1/5) petang. Masing-masing bunga dibeli seharga Rp20.000.

Selain bunga, Freisha juga diwajibkan membawa buah-buahan untuk acara makan bersama seluruh siswa dan guru di sekolah favorit tersebut.

"Masing-masing siswa membawa jenis makanan dan buah-buahan berbeda yang telah ditentukan guru. Nanti semua makanan dikumpulkan dan disajikan untuk disantap bersama-sama seusai upacara perayaan Hardiknas," tambah Freisha.

Peringatan Hardiknas juga semakin meriah dan semarak dengan beragam lomba yang digelar pihak sekolah dan diikuti siswa berbagai tingkatan.

Sedangkan peringatan Hardiknas Tingkat Provinsi Maluku, berlangsung dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon, Pukul 08.00 WIT, dan dipimpin Gubernur Maluku, Said Assagaff sebagai inspektur upacara. (ant)