Polres Maros Evakuasi Mahasiswa KKN yang Jatuh ke Jurang

Senin, 16 Mei 2016 13:34 WIB
921x ditampilkan Makassar

Minggu 15 Mei 2016 KApolres Maros AKBP.LAFRI PRASETYONO SIK, bersama Kabag Ops dan Kasat Sabhara berangkat ke Dusun Kappang desa Labuaja untuk terjun langsung mengevakuasi rombongan mahasiswa yang jatuh terpeleset kedalam jurang teras 2 Gua leang pute.

Para Rombongan Mahasiswa ini melaksanakan kegiatanya sejak tanggal 14 mei kemarin,menurut keterangan saksi para rombongan  Mahasiswa KKN dan beberapa warga desa labuaja berangkat menuju Lokasi Gua Leang Pute dengan Maksud jalan-jalan/rekreasi. mereka menuju lokasi pada pukul 11.00 wita dengan menggunakan sepeda motor,dan sesampainya di RT 3 kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.
 
Sekitr pukul 14.00 wita, korban yang hendak menuju ke lokasi Teras 2 "Gua Dinosaurus" tanpa menggunakn Peralatan keamanan  tiba-tiba  terjatuh akibat medan yang licin,kemudian korban terpeleset dengan kedalaman sekitar 50 meter, akibat kejadian tersebut korban mengalami luka patah pada tulang paha.untungnya korban masih dalam keadaan sadar.
 
Mengetahui ada teman yang terjatuh kejurang, 5 orang rekan korban berniat menolong korban,namun naasnya, kelima reknannya tersebut juga terjebak dan tidak dapat keluar dari jurang tersebut.  
 
Dari kejadian tersebut, beberapa Personil Polsek Camba dipimpin Kapolsek camba & Aiptu H. Guntur bersama Kepala Desa Labuaja serta beberapa warga setempat langsung menuju TKP untuk melakukan evakuasi korban. 
 
Karena Alat yang kurang memadai, tim evakuasi Polsek Camba dan beberapa warga memutuskan untuk beristirahat dilokasi,mengingat waktu sudah larut malam  sambil menunggu bantuan dari Tim SAR Polres Maros serta Tim SAR Kab. Maros.
 
Ke esokan harinya,(minggu 15 Mei 2016) sekitar pukul 11.00 wita, setelah menempuh perjalanan yang cukup menguras tenaga dengan berjalan kaki selam kurang lebih 2 jam Tim SAR Polres Maros yang dipimpin langsung Bapak Kapolres Maros bersama Kabag Ops,Kasat Sabhara serta Tim Basarnas Gabungan Provinsi Sulsel bersama Tim Sar Kab.Maros dan relawan Mahasiswa Pecinta alam yang berjumlah kurang lebih 80 orang, tiba dilokasi dan langsung melakukan survey lokasi kejadian dan mencari akses menuju lokasi jatuhnya korban serta mencari jalur evakuasi korban.mengingat jalurnya sulit untuk dijangkau.
 

Setelah berjuang kurang lebih 4 jam,Tim SAR Gabungan tersebut berhasil mengevakuasi seluruh korban yang terjebak didasar Gua Leang Pute, selanjutnya  seluruh korban  diberikan bantuan medis olh pihak Dokpol dan UPT Puskesmas Cenrana di Posko SAR Pattiro. dan korban yang mengalami patah tulang langsung dirujuk kerumah sakit Salewangan Maros.