3 Manfaat Mengejutkan di Balik Berjalan Kaki

Kamis, 9 Juni 2016 13:31 WIB
258x ditampilkan Olah Raga

Berjalan kaki merupakan aktivitas ringan yang umum dilakukan dalam rutinitas sehari-hari. Hanya saja, tak sedikit orang yang enggan berjalan kaki dan lebih memilih motor sebagai alat transportasi untuk bepergian meski jarak yang ditempuh pendek.

Padahal, berjalan kaki yang cukup ringan dilakukan memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Berjalan beberapa menit menuju tempat angkutan umum, misalnya, juga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas hidup.

Berikut ini ialah manfaat berjalan kaki yang jarang diketahui, seperti dilansir Prevention.

Berjalan Dua Menit Per Jam
Menyisihkan waktu hanya 120 detik setiap jam untuk berjalan akan membuat harapan hidup Anda lebih panjang. Pasalnya, peneltian dalam Clinical Journal of the American Society of Nephrology mengungkapkan bahwa kebiasaan berjalan kaki dua menit setiap jam dapat menurunkan risiko mati muda hingga 33 persen  dibandingkan hanya duduk diam.

Berjalan Lima Menit Per Jam
Meski terlihat ringan, menyisihkan waktu lima menit setiap jam untuk berjalan kaki dapat membakar kalori dalam jumlah banyak. Peneliti dari Univerisity of Utah mengasumsikan, jika Anda tidur delapan jam sehari, Anda akan memiliki waktu sisa sebanyak 16 jam.

Jika dalam setiap jam tersebut Anda sisihkan lima menit untuk berjalan kaki, maka tanpa disadari Anda telah melakukan aktivitas ringan selama 80 menit per hari. Jika dilakukan rutin selama satu minggu, aktivitas ringan berjalan kaki yang Anda lakukan setara dengan membakar 1.000 kalori berlebih dalam tubuh.

Berjalan 10 Menit Per Hari
Berjalan 10 menit setiap hari dapat membantu Anda menjaga kondisi pembuluh darah tetap sehat. Saat bekerja, enam jam yang Anda habiskan untuk duduk menghambat aliran darah menuju kaki Anda. Kondisi ini membuat risiko penyakit pembuluh darah dapat meningkat, yang jika tak ditangani dapat mengarah pada serangan jantung atau stroke.

Untuk melindungi diri dari risiko tersebut, penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 10 menit setiap hari dapat menjadi solusi. (rol)