Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, Dishub Lingga Segera Kumpulkan Operator Kapal

Selasa, 21 Juni 2016 13:48 WIB
497x ditampilkan Lingga

LINGGA - Antisipasi meningkatnya jumlah pemudik jelang hari raya Idul Fitri 1437 H, dinas Perhubungan Kabupaten Lingga akan segera mengumpulkan semua armada kapal cepat yang aktif melayani rute pelayaran domestik ke Lingga untuk membahas terkait pemenuhan kebutuhan angkutan lebaran.

Kepala Bidang Laut dan Udara Dishubkominfo Lingga, Selamat mengatakan pada tahun ini lonjakan arus mudik lebaran diperkirakan meningkat 15 persen dari tahun sebelumnya. Untuk itu, mengantisipasi kebutuhan transportasi mudik tersebut, pihaknya akan menggandeng seluruh operator yang aktif melayani rute pelayaran ke Lingga.

"Kami akan segera mengumpulkan semua operator armada kapal cepat yang melayani transportasi ke Lingga, untuk membahas terkait pemenuhan kebutuhan angkutan lebaran. Kami minta setiap operator melakukan antisipasi lonjakan arus mudik, dengan menyiapkan armada tambahan ," kata Selamat, Selasa (21/06).

Menurutnya, mengacu pada rekaman data arus mudik lebaran sebelumnya, Selamat mengatakan, kemungkinan besar lonjakan arus mudik tahun ini dimulai pada H -7.

"Pada H-7 sudah harus ada armada tambahan yang di siagakan," katanya lagi.

Khususnya untuk rute mudik melalui Batam, kata Selamat, pihaknya sudah cukup terbantu dengan keberadaan kapal Roll on Roll off (Roro) Jagoh-Batam.

"Seperti tahun lalu, Roro mampu mengurai kepadatan arus penumpang ke Lingga. Tahun ini juga masih jadi andalan," terangnya.

Selain itu, kenyamanan penumpang juga tetap menjadi perhatian pemerintah daerah. Setiap kapal cepat ke Lingga, dituntut memperhatikan fasilitas pendingin ruangan dan kelengkapan alat keselamatannya.

"Kami tegaskan kepada setiap kapal agar memperhatikan faktor kenyamanan itu. Kami tidak ingin nantinya ada keluhan masyarakat tentang buruknya pelayanan pihak armada," ujarnya.

Dia berharap, lonjakan arus mudik di Kabupaten Lingga tahun ini dapat teratasi dengan baik. Pihaknya juga akan menggandeng beberapa instansi untuk memenuhi kebutuhan fasilitas mudik lebaran tersebut.