Persipura Tekuk Mitra Kukar 1-0

Diterbitkan oleh Redaksi pada Ahad, 14 Agustus 2016 18:01 WIB dengan kategori Olah Raga dan sudah 1.092 kali ditampilkan

Tim sepak bola Persipura Jayapura berhasil mengalahkan tamunya Mitra Kukar dengan skor 1-0 dalam laga lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) di stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Minggu petang.

Gol kemenangan tim tuan rumah, dicetak oleh Fernandes Oliveira Thiago cetak pada menit 22, setelah menerima umpan silang dari James Koko Lomel di sisi kanan pertahanan lawan.

Pemain berkebangsaan Brasil itu berhasil mengontrol dengan dada kemudian lepaskan tendangan keras kearah pojok kanan gawang Mitra Kukar yang tidak dapat dijangkau oleh kiper Gerri Martin Milian Mandagi.

Skuat asuhan Angel Alfredo Vera itu mengandalkan James Koko Lomel sebagai penyerang tunggal ditopang dua pemain muda disisi kiri dan kanan, Frisca Womsiwor dan Osvaldo Haay. 

Sementara tim tamu, yang dilatih oleh Jafri Sastra mengandalkan Hendra Adi Bayau dan Ronald Setmot yang bermain agak melebar, ditopang M Bahtiar, Septian Maulana dan Asri Akbar.

Kedua tim, dibabak pertama terlihat bermain dengan tempo lambat karena suhu di stadion Mandala cukup panas. Sejumlah peluang juga sering didapatkan oleh kedua tim pada masing-masing penyerang namun selalu gagal dibarisan pertahanan masing-masing.

Dibabak kedua, baik Persipura dan Mitra Kukar sama-sama melakukan pergantian pemain. Di kubu Mitra Kukar, Rodrigo Dos Santos masuk menggantikan M Bahtiar, sementara di Persipura, Yohanes Ferinando Pahabol menggantikan Osvaldo Haay.

Pada menit 52, Zikri Akbar mendapat kartu kuning kedua yang secara otomatis diganjar kartu merah dari wasit Iwan Sukoco, setelah menahan laju Pahabol yang menyasar dari sisi kiri pertahana Mitra Kukar.

Pelatih Jafri Sastra pun langsung menarik keluar Ronald Setmot dan memasukan Michael Orah, dengan harapan bisa menahan gempuran tim tuan rumah yang mulai datang secara bergelombang.

Namun, pada menit 59, kartu kuning kedua juga diterima pencetak gol Thiago, sehingga harus meninggalkan lapangan pertandingan.

Terlihat imbang, kedua tima sama-sama saling menyerang dan menerapkan jebakan off side. 

Seperti peluang yang didapatkan oleh Hendra Adi Bayau pada menit 66, tapi masih melebar di kiri kiper Dede Sulaiman.

Pada menit 68, Lukas Mandowen masuk menggantikan James Koko Lomel, namun sebelumnya dimenit 62 Ricky Kayame telah menggantikan Frisca Elisa Womsiwor. 

Pergantian pemain ini, ternyata membuat serangan Persipura makin garang, misalnya tendangan Lukas Mandowen beberapa detik setelah masuk dengan memanfaatkan umpan Rony Beroperay dari dalam kotak pinalti, yang ditepis kiper Gerri Mandagi.

Lalu, Fery Pahabol yang dua kali berhadapan dengan kiper tim lawan namun tidak bisa dikonversi jadi gol, termasuk Ricky Kayame yang lepas dari jebakan off side namun, bolanya berhasil dicuri pemain bertahan Mitra Kukar.

Sementara peluang tim tamu terlihat lebih sedikit, karena tuan rumah lebih menguasai bola.

Hingga penambahan waktu dua menit, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Kedudukan akhir, tim tuan rumah Persipura Jayapura menang 1-0 atas tamunya, Mitra Kukar.

Persipura Jayapura:

27. Dede Sulaiman (kiper), 45. Bio Paulin Pierre, 32. Muhammad Tahir, 4. Ricardo Salampessy, 2. Rony Esar Beroperay, 21. Yustinus Pae, 8. Fernandes Oliveira Thiago, 13. Ian Louis Kabes (kapten), 46. Osvaldo Ardiles Haay/17. Yohanes Ferinando Pahabol 23. Prisca Elisa Womsiwor/ 18. Ricky Kayame, 10. James Koko Lomel/33. Lukas Mandowen. 

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Mitra Kukar:

47. Gerri Martin Milian Mandagi (kiper), 7. Arifki Ekaputra, 19. Joko Sidik Fitrayono, 16. Saepulah Maulana (kapten), 27. Zikri Akbar, 66. Asri Akbar, 26. Muhammad Bahtiar/10. Rodrigo Ost Dos Santos, 29.Septian David Maulana/99. Yogi Rahadian, 21. Anindito Wahyu Erminarno, 23. Hendra Adi Bayauw, 17. Ronald Setmot/ 24. Michael Yansen Orah.
Pelatih: Jafri Sastra

Kartu Merah Zikri Akbar dan Fernandes Oliveira Thiago.
 
Sumber: Antara