Mahasiswa KKN Kebangsaan Toapaya Asri Bentuk Kelompok Sadar Wisata

Selasa, 23 Agustus 2016 06:39 WIB
291x ditampilkan Bintan

BINTAN - Salah satu indikator program KKN Kebangsaan 2016 adalah Pembentukan Kelembagaan Pengelolaan Agrowisata Masyarakat, program ini sudah disiapkan dari jauh hari oleh mahasiswa KKN Kebangsaan 2016 wilayah pengabdian Toapaya Asri. Dengan berbagai cara dan teknik persiapan dilakukan supaya indicator ini selesai dengan baik dan membuahkan hasil dan tepat guna oleh masyarakat sekitar khususnya Toapaya Asri.

“Persiapan pembentukan kelembagaan terutama sadar wisata ini sudah kita persiapkan sejak tanggal 30 Juli 2016 dengan membuka diskusi bersama karang taruna Kelurahan Toapaya Asri. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan Kelurahan Toapaya Asri terkhususnya perkembangan pasar tani yang juga termasuk kawasan Toapaya Asri,” ujar Rastania salah satu penanggungjawab program tersebut.

Pembentukan kelembagaan tersebut tentunya tidak terlepas dari stakeholder Kelurahan Toapaya Asri yang selalu memberikan masukan dan saran dalam menentukan pengisi struktur kelompok sadar wisata tersebut. Bagian Humas Kelurahan Toapaya Asri (Julinda,red) mengatakan, program pembentukan kelompok sadar wisata untuk Toapaya Asri dan Toapaya pada umumnya baru pertama kali dilakukan sejak beliau bertugas di Kecamatan Toapaya 2005-2016, sebelumnya tidak ada. Karena ini pertama kali dilakukan, kelurahan mendukung penuh program yang dilakukan adik-adik mahasiswa KKN Kebangsaan 2016.

Berkat kerjasama pemerintah dan masyarakat, mahasiswa KKN Kebangsaan 2016 Toapaya Asri yang fokus pada agrowisata daerah terdepan terluar dan terisolir Kepulauan Riau dapat membentuk 4 kelompok bidang keahlian, yaitu kelompok sadar wisata seni dan budaya, kelompok agrowisata, kelompok kuliner dan kelompok cenderamata. Masing-masing kelompok sadar wisata tersebut mendapatkan SK dari Keluarahan Toapaya Asri.

“Ini kita lakukan berkat kegigihan dan kerjasama semua pihak, jika semua dilakukan dengan rasa kebersamaan insya Allah tujuan yang kita kehendaki tercapai,” jelas Rahmazona bagian penanggungjawab program tersebut.