Dovizioso Berhasil Finish Pertama di Sepang

Gilang Senin, 31 Oktober 2016 09:50 WIB
244x ditampilkan Olah Raga

Pebalap Ducati Andrea Dovizioso berhasil menjadi yang terbaik di Sepang dengan keluar sebagai pemenang MotoGP Malaysia, Minggu (30/10). Dia berhasil finis pertama dengan catatan waktu 42 menit dan 27,333 detik. Keberhasilan itu melengkapi pencapaian sang pebalap yang mampu merebut pole position pada sesi kualifikasi.

Balap sendiri berlangsung sengit sejak awal mula. Valentino Rossi berhasil mendapatkan momentum saat garis start. Namun, ia tersaingi kemudian oleh pebalap Ducati, Andrea Iannone pada putaran kedua. Saling salip menyalip antara Rossi dan Iannone pun terjadi yang membuat balapan di lintasan basah ini terlihat begitu menarik.

Rossi berhasil merebut pucuk kepemimpinan balap secara dominan pada putaran kesepuluh. Sementara itu Iannone tercecer ke urutan ketiga karena disalip rekan satu timnya, Dovizioso. Nahas bagi Iannone terjadi pada putaran ke-12. Pebalap yang absen di empat grand prix terakhir itu tergelincir pada putaran ke-12.

Setelah Iannone terjatuh itu posisi ketiga direbut rekan satu tim Rossi, Jorge Lorenzo. Ia naik ke posisi tiga meski tertinggal selisih sembilan detik dari Rossi yang memimpin balap saat memasuki putaran ke-13.

Posisi Rossi sendiri kemudian direbut Dovizioso pada tikungan petama putaran ke-14. Setelah itu Dovizioso melaju dengan Desmosedici-nya dan tak terkejar Rossi. Saat tersisa satu putaran, Rossi tertinggal jauh hingga 4,610 detik dari Dovizioso.

Akhirnya Dovizioso yang kini berusia 30 tahun itu berhasil menjadi juara MotoGP Malaysia. Ia disusul Rossi di tempat kedua dengan selisih waktu 3,115 detik lebih lambat, dan Lorenzo di tempat ketiga dengan waktu 11,924 detik lebih lambat dari Dovizioso. Hal ini membuat hasil balap MotoGP Malaysia sama dengan hasil kualifikasi dimana Dovizioso merebut pole position disusul Rossi yang tercepat kedua, dan Lorenzo yang ketiga.

Bagi Dovizioso sendiri ini adalah podium puncak pertamanya di Sepang. Kali terakhir dia mendapatkan podium di Sepang adalah peringkat tiga pada musim 2008. Selain itu, ini adalah kemenangan pertama sang pebalap di ajang grand prix sejak terakhir kali pada seri ke-10 musim 2009 di Inggris. [CNNI]