Outing Study Peserta Didik SD Juara Pekanbaru ke RSDC

Saiful Jumat, 11 November 2016 09:53 WIB
718x ditampilkan Headline Pekanbaru

Peserta Didik kelas 2 SD Juara Pekanbaru melakukan Outing Class ke Riau Safety Driving Centre (RSDC) Pekanbaru. Kegiatan ini adalah sarana bagi peserta didik belajar dan mengetahui bagaimana proses pembuatan SIM, mengenal peraturan lalu lintas di jalan raya dan memahami rambu – rambu yang ada. Ini merupakan bagian dari materi pelajaran IPS yang bertemakan dokumen penting, dimana salah satu subtemanya adalah bagaimana membuat SIM. Sebelum berangkat guru kelas telah mempersiapkan beberapa pertanyaan kepada siswa. Dan mereka diminta menyawab pertanyaan itu setelah mereka mendapatkan penjelasan dari Bapak Polisi atau Ibu Polwan yang ada di RSDC. Mereka juga diharapkan mampu mengajukan pertanyaan terkait penjelasan yang diberikan kepada mereka pada saat itu.

Tepat pukul 08.30 peserta didik berangkat dari sekolah dan sampai disana sekitar pukul 09.00. Sampai disana peserta didik langsung disambut oleh beberapa orang Bapak polisi dan Ibu Polwan dan diarahkan untuk berbaris dan berdoa. Kemudian mereka dibawa menuju suatu ruangan, disana adalah tempat pemantauan jalan lalulintas. Di ruangan itu mereka bisa melihat bagaimana kondisi setiap jalan pada saat itu. Diruang itu juga mereka ditunjukkan beberapa macam seragam yang digunakan Polisi atau Polwan. Setelah itu, selanjutnya mereka dibawa ke ruangan tempat pembuatan SIM, atau perpanjangan SIM. Di tempat itu,  salah satu dari Ibu Polwan mejelaskan bagaimana cara membut SIM. Kemudian mereka juga ditunjukkan tempat Tes Mengemudi bagi orang yang mau membuat SIM. Terakhir, mereka dibawa jalan – jalan mengelilingi Taman Lalu Lintas sambil dijelaskannya tentang Rambu – Rambu lalu lintas. Mereka juga ditunjukkannya beberapa motor bekas tabrakan akibat dari ketidak hati – hatian di jalan lalulintas.

Setelah berkeliling, mereka beristirahat sambil menikmati snack yang telah dipersiapkan. Kemudian mereka juga diberi waktu untuk melengkapi jawaban  dari pertanyaan yang telah ditugaskan. Setelah semuanya terjawab mereka siap – siap untuk kembali ke sekolah. Peserta Didik tampak begitu antusias dan senang dengan kegiatan ini. Salah seorang Peserta didik kelas 2 SD Juara Pekanbaru bernama Aqfan Pratama mengungkapkan “ Ana merasa senang bisa bertemu dengan Pak Polisi dan Ibu Polwan, ana diberitahu banyak hal tentang peraturan dijalan raya dan sekarang ana sudah tau bagaimana proses pembuatan SIM”.