Festival Indonesia Kita STISIPOL Raja Haji Ditutup Meriah

Dachroni Ahad, 15 Januari 2017 06:50 WIB
168x ditampilkan Headline Suara Mahasiswa Tanjungpinang

TANJUNGPINANG -  Festival Indonesia Kita Jilid III telah pun ditutup secara resmi oleh Ketua STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka MPM pada hari Sabtu tanggal 14 Januari 2017, namun banyak pelajaran berharga dari diselenggarakannya acara yang sudah tiga tahun berjalan ini.

 Dosen pengarah acara Festival Indonesia Kita Jilid 3, Shahril Budiman, MPM  mengatakan dalam sambutannya pada acara penutupan tersebut, diselenggarakannya acara ini, memberikan suatu media pembelajaran bagi mahasiswa khususnya mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan di Stisipol Raja Haji, agar menjadi sumber daya manusia yang tidak hanya cerdas secara akademik yang dibuktikan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) Akademik, namun juga memiliki kecerdasan emosional yang kemudian menjadikan mereka menjadi manusia-manusia Indonesia yang berbudaya, beretika, sopan dan santun serta memahami makna gotong royong yang akan mereka rasakan ditengah kehidupan bermasyarakat.

Dalam acara penutupan Festival Indonesia Kita Jilid 3 juga dihadiri oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, SH, dan Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Drs. Riono, M.Si. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang memberikan apresiasi yang begitu tinggi terhadap Festival Indonesia Kita Jilid 3 ini, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang mengatakan bahwa dengan adanya acara ini, yang mengangkat tema Harmonisasi Budaya, adalah suatu pembelajaran yang sangat berarti bagi mahasiswa, dengan mahasiswa belajar memahami makna harmonisasi berarti mahasiswa memahami bagaimana melakukan harmonisasi dalam pembangunan dengan mendukung serta memberikan masukan yang konstruktif bagi pemerintah. Dengan adanya harmonisasi maka pembangunan di daerah akan berjalan dengan lancar dan akan indah serta harmonis selayaknya sebuah orkestra yang memiliki harmonisasi nada sehingga mampu menciptakan nada yang merdu. 

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang memberikan apresiasi mendalam karena bangga melihat mahasiswa program studi Ilmu Pemerintahan Stisipol Raja Haji Tanjungpinang yang mampu melakukan sebuah kegiatan positif dan kreatif dengan tanpa melulu berpangku tangan dengan pihak lain atau pihak pemerintah, namun justru mampu bersikap mandiri dan kreatif sehingga mampu melaksanakan acara yang luar biasa tersebut. 

Dalam acara penutupan Festival Indonesia Kita jilid 3 ini menampilkan berbagai macam acara, mulai dari sajian kuliner 34 Provinsi di Indonesia, dan juga pentas seni berbagai kesenian yang juga merepresentasikan 34 provinsi di Indoensia mulai dari Musikalisasi Puisi, Syair, tarian dari seluruh daerah di Indonesia mulai dari Sumatera hingga Papua, dan pertunjukkan baju daerah seluruh Provinsi di Indonesia.

  Menurut salah seorang Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan yang juga mengajar Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar, Rendra Setyadiharja, M.IP, acara Festival Indonesia Kita Jilid 3 ini merupakan sebuah media pembelajaran untuk menciptakan sumber daya manusia yang berbudaya yang dimulai dari kampus, dimana output yang diharapkan adalah dihasilkannya manusia yang memiliki etika, estetika, dan logika yang mampu menghargai nilai-nilai kebudayaan yang telah ada dan menjadi kearifan lokal di Indonesia. Dengan beragam budaya tersebutlah, Indonesia menjadi kaya secara kebudayaan yang menjadi jati diri bangsa ini.

 Selain itu mampu menghasilkan suatu hasil pemikiran yang berbudi dan berkebudayaan yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Dengan demikian maka sumber daya manusia Indonesia kedepan diharapkan mampu membangun Indonesia dengan lebih berbudaya, beretika, sopan santun dan berkarakter.