4,8 M APBN Bakal Bangun Pengolahan Kelapa di Lingga

Redaksi Kamis, 9 Maret 2017 15:11 WIB
193x ditampilkan Lingga

Lingga, (Keprisatu.com) - Kementrian Perinduatrian RI di tahun anggaran 2017 ini, akan mengucurkan Rp4,8 Miliar anggaran dari APBN untuk membangun pabrik pengolahan kelapa di Kecamatan Singkep Selatan.

“Saat ini prosesnya sedang dalam lelang perencanaan. Kemungkinan dua minggu. Setelah ini akan dilakukan lelang pekerjaan proyek fisiknya,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Lingga, Muzamil Ismail, Senin (6/3).

Menurut Muzamil, produk yang akan di hasilkan dari pabrik pengolahan kelapa berbagai macam. Beberapa diantaranya, Crude Palm Oil (CPO) atau minyak kelapa, Cocopeat atau media tanam, bahan pembuatan tali, matras dan industri anyaman lainnya dari sisa serat sabut kelapa tersebut.

Sedabgkan tempurung kelapanya, dapat dijadikan briket sebagai pengganti kayu bakar karena sifatnya yang ramah lingkungan.

Jika berhasil di bangun pada tahun ini, dikatakan Muzamil, pengoperasian pabrik industri kelapa itu sudah akan berjalan pada tahun 2018 mendatang.

Tahun ini, alokasi anggaran hanya dilakukan untuk kegiatan pembangunan fisik pabrik saja. Sementara sarana lain termasuk mesin-mesin produksinya akan dilakukan tahun 2018 mendatang.

“Melalui anggaran Pemkab Lingga dan Provinsi Kepri nanti akan ada program pelatihan bagi masyarakat. Hal ini dilakukan agar ada pengoperasiannya masyarakat setempat tidak hanya menjadi penonton,” jelasnya.

Pengelolaan pabrik nantinya dilakukan oleh masyatajat setempat melaui koperasi IKM yang dibentuk. Dengan dikelola oleh koperasi, diharapkan dapat melibatkan seluruh masyarakat setempat.

“Kalau kami di dinas sifatnya hanya melakukan pemantauan dan pembinaan,” imbuhnya.