IPI: Jendral TBL Berkah Pelengkap Perjalanan Balon Gubernur Nurdin Abdullah

Adhie Selasa, 2 Mei 2017 07:34 WIB
300x ditampilkan Makassar Profil

MAKASSAR, -- Bakal calon gubernur Nurdin Abdullah telah memutuskan akan bergandengan dengan Jendral Tanribali Lamo (TBL) di pilgub Sulsel, lalu apakah TBL figur yang tepat untuk Nurdin Abdullah ?

Analisis Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir, Selasa (02/05/2017), menuturkan Jendral TBL itu adalah berkah yang melengkapi perjalanan bakal calon Gubernur Nurdin Abdullah (NA) dalam menatap peluang bertarung di pilgub Sulsel serta memenangkan pilgub Sulsel.

Dalam analisa Suwadi, TBL itu kapasitas sebenarnya harusnya maju 01, sebab ketokohan, pengalaman, dan treck record TBL tidak kalah mumpuni dari NA, maupun bacagub yang lain seperti NH, IYL, AAN, Bur Andi.

TBL sukses selama berkarir di militer, sukses ketika diamanahkan sebagai PNS, TBL lima kali menjabat sebagai PLT gubernur di empat provinsi, dan kesuksesannya dilalui dengan predikat sangat membanggakan, karna tercatat sebagai figur yang terjaga integritasnya dan citranya, dan sangat luarbiasa karna demi panggilan jiwa untuk mengabdi bagi daerahnya, TBL rela menjadi 02 Nurdin Abdullah walau kelayakannya dimata pengamat cocoknya 01, itu menandakan kalau TBL adalah sosok pemimpin dan negarawan.

Lanjut menurut Suwadi sumbangsi lainnya, TBL itu sangat bagus hubungannya dengan petinggi partai politik, seperti Ketua Umum Demokrat SBY, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, dan Dewan Penasehat Golkar Luhut B. Panjaitan, dimana TBL bisa berperang besar untuk meyakinkan Partai Gerindra dan Demokrat untuk mau mengusung nya di pilgub sulsel bersama Nurdin Abdullah

Keunggulan lainnya seorang TBL menurut Suwadi, adalah sumbangsi geopolitik, di mana TBL itu memiliki basis geopolitik yang kuat, TBL adalah Putra berdarah Enrekang dari Ayahnya mantan gubernur sulsel Ahmad Lamo, dan berdarah bone dan toraja dari ibunya. Kekuatan geopolitik TBL melengkapi kekuatan geopolitik NA yang berdarah bantaeng, soppeng. (*)