Korsel Tertarik Bangun Smelter dan Pembangkit Listrik di Lingga

Diterbitkan oleh Kasmadi pada Rabu, 17 Mei 2017 08:45 WIB dengan kategori Headline Lingga dan sudah 726 kali ditampilkan

LINGGA - 

Sejumlah pengusaha asal Korea Selatan di bawah bendera Sungpoong Construction Co. Ltd tengah menjajaki pembangunan Smelter atau fasilitas pengolahan bauksit menjadi aluminium di Kabupaten Lingga.

Bupati Lingga Alias Wello mengatakan, keseriusan rombongan yang dipimpin oleh Chief Executive Officer (CEO) Sungpoong Construction Co. Ltd, Kim In Pil tersebut langsung melakukan kunjungan ke sejumlah daerah yang memiliki potensi dan cadangan bauksit di Negeri Bunda Tanah Melayu tersebut.

“Mereka sudah datang ke Lingga dan langsung survei ke beberapa lokasi yang masih punya potensi dan cadangan bauksit," Kata Alias Wello di Jakarta seperti rillis ke media, Selasa (16/05/2017).

Kata pria yang akrab disapa Awe ini, pada prinsipnya pihaknya welcome terhadap investasi. Namun, proses dan tahapannya Awe menuturkan harus dilalui sesuai dengan aturan invetasi yang ditetapkan pemerintah.

"Kita ingin investasi yang masuk ke Lingga itu memberi nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. Saya ingin mereka bermitra dengan masyarakat, Badan Usaha Milik Daerah, Badan Usaha Milik Desa atau Koperasi,” kata dia.

Selain itu, kata Awe, dalam pertemuannya dengan para pengusaha asal Korea Selatan tersebut menekankan tiga syarat utama jika ingin berinvestasi di Lingga.

"Ketiga syarat itu, adalah investasi yang pro rakyat, berkontribusi terhadap pendapatan daerah dan mampu menjaga keseimbangan lingkungan," ujar Awe.

Selain menjajaki rencana pembangunan Smelter, Sungpoong Construction Co. Ltd juga tertarik membangun pembangkit listrik dengan memanfaatkan sumber daya air terjun yang melimpah di Lingga.

"Kebetulan, salah satu perusahaan yang ikut dalam rombongan itu, yakni Chemotech Co. Ltd memiliki keahlian di bidang rekayasa mesin pembangkit listrik dan mesin Smelter," tutup Awe. ( Humas Lingga)