Inovasi Puskesmas Apung dan Sistem Jemput Bola Antar Desa

Redaksi Kamis, 1 Juni 2017 21:31 WIB
180x ditampilkan Batam Opini

TANJUNG PINANG, -- Kepulauan riau ibu kotanya ialah tanjung pinang yang mempunyai 5 kabupaten dan 2 kota adapun kabupatennya antara lain, kabupaten lingga, kabupaten natuna, kabupaten bintan, kabupaten anambas dan kabupaten karimun. Dan kota yaitu kota tanjungpinang dan kota batam.

Kesehatan sangat lah penting bagi kita, menjaga kebersihan lingkungan juga berpengaruh besar pada kesehatan. desa desa yang terdapat di luar tanjung , masyarakat disana sangat terlihat sederhana, disana juga tidak terdapat rumah sakit, pasar, dan supermarket. 

Masyarakat disana sebagaian besar bekerja sebagai nelayan dan pengemudi bot pancung. Bot pancung adalah kapal kecil yang terbuat dari kayu, masyarakat di sini sebagian besar menggunakan botpancung ini sebagai transportasi laut untuk menyeberang ketanjung pinang.

Mereka yang harus menyeberang laut ketika ingin pergi berobat ke rumah sakit yang ada di karimun, disana tidak terdapat rumah sakit, yang ada hanya lah puskesmas kecil. Itu pun tidak terdapat fasilitas yang lengkap, jadi ketika mereka  terkena sakit, mereka harus menyeberang ke tanjung pinang untuk berobat, harus bersusah payah untuk mendapat kan fasilitas kesehatan.

Dengan adanya inovasi puskesmas apung ini masyarakat setempat tidak perlu khawatir lagi, karena puskesmas yang selalu siap sedia ada di daerah laut mereka, ketika ada yang sakit masyarakat bisa langsung menelepon puskesmas apung ini, kemudian mereka hanya menunggu di dermaga desa mereka, jadi masyarakat setempat pun tidak perlu khawatir lagi, karena di puskesmas apung tersebut telah tersedia obat obat dan fasilitas yang di butuhkan.

Ketika pasien harus di rawat inap baru lah di bawa kerumah sakit di tanjung pinang. Menemukan inovasi baru adalah suatu ide yang harus di lalukan guna untuk membuat masyarakat tersebut merasa nyaman. 

Selain keterbatasan nya modal untuk mendirikan rumah sakit di dua desa ini, puskesmas apung adalah solusi yang efektif dan efisien bagi kita. supaya pelayanan kesehatan ini betul-betul menyentuh ke masyarakat banyak, dan  melayani masyarakat dengan menjemput bola.

Oleh karena itu dibangunlah Puskesmas terapung, yang tujuannya melayani masyarakat yang ada di desa tersebut. dengan beroperasinya Puskesmas apung, masyarakat daerah bisa mendapat layanan kesehatan yang lebih baik, mulai dari kesehatan umum, gigi, ibu dan anak sampai keluarga berencana.

Tentunya di puskesmas ini juga membutuhkan dokter umum dan dokter gigi, dokter ibu dan anak sampai keluarga berencana. Peralatan yang di butuhkan, dan juga perawat, pemerintah juga harus bisa meyakinkan para pekerja ini untuk bisa bekerja di puskesmas terapung ini. 

Kebijakan pemerintah sangat lah di butuhkan disini, seperti yang kita tahu, banyak generasi generasi muda di ktanjung pinang yang menjadi mahasiswa di luar daerah, seperti di kota batam, di kota bandung, di kota pekanbaru, dan lain lain nya.

Besar harapan kita agar mereka yang menuntut ilmu di luar daerah untuk dapat mengabdi di tanah kelahiran mereka, untuk dapat membantu kemajuan tanah kelahiran mereka dan memberikan manfaat bagi masyarakat masyarakat di tanah mereka berpijak.

Dengan adanya inovasi ini mereka juga memiliki lapangan pekerjaan di tempat mereka sendiri bisa memberikan penyuluhan penyuluhan kepada masyarakat.

Pemerintah juga harus ikut bekerja sama dengan masyarakat. Dengan begini masyarakat di desa ini bisa merasa tenang, tidak perlu khawatir jika ada sesuatu yang terjadi karena sudah ada inovasi yang baru di daerah mereka. (*)