Kemenhubla Apresiasi Gebrakan IKA AIPI Makassar

Adhie Sabtu, 3 Juni 2017 17:26 WIB
191x ditampilkan Makassar Pendidikan

MAKASSAR, -- Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut mengapresiasi gebrakan peranan Ikatan Alumni (IKA) AIPI Makassar yang telah memperkuat kompetensi pengajar / instruktur kemaritiman.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Umum Pusbang SDM Perhubungan Laut, Wiwi Harti saat menutup Training Course For Instructors (ToT IMO Model Course 6,09) bagi peserta AMI-AIPI di Makassar, Sabtu (03/07/2017), terkininews.com.

Dia menjelaskan, pelatihan yang kedua kalinya digelar AMI-AIPI ini cukup baik karena peserta cukup antusias dengan nilai-nilai yang memuaskan. 

"Pelatihan ini cukup bagus karena peserta memperoleh nilai rata-rata 90. Ini cukup bagus untuk peningkatan kualitas sdm," ucapnya.

Dia mengharapkan, kompetensi sdm kampus bisa mendorong peningkatan kualitas taruna/taruni yang berstandar maritim internasional.

Hal sama disampaikan Direktur AMI AIPI Andi Muhammad Yani, dia menilai ToT standar IMO Model Course 6,09 ini bekerjasama dengan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut Kemenhub RI dan Ikatan Alumni (IKA) IMA IAPI Makassar

"Standar pelatihan tenaga pengajar ini sangat memuaskan karena mengacu pada aturan Internasional Maritim Organization atau IMO.  ToT versi 6,09 ini adalah sertifikasi yang wajib bagi pengajar. Khususnya pendidikan pelaut yang mengikuti standar IMO sebagai kiblat pendidikan pelaut secara internasional dalam mendidik taruna/taruni yang akan berlayar," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya pihak kampus juga melibatkan Ikatan Alumni yang selama ini memberikan dukungan besar untuk pengembangan kampus mulai dari tenaga pengajar hingga penyiapan lapangan kerja dan peningkatan sarana/prasarana kampus, berstandar Internasional IMO.

Kampus pelayaran yang didirikan sejak tahun 1972 ini, kata dia telah menghasilkan alumni sebanyak 5.300 taruna/taruni pelayaran. Program studi Ahli Nautika Tingkat III dan Diploma III (Ahli Madya) Program studi Tehnika Tingkat III dan Ahli Madya, & KPN  yang paling mendominasi alumni AMI-AIPI MAKASSAR

"Nautika & Teknika terserap dunia kerja 80% - 90% Perusahaan Keliahatan Salaam negri & luas negri, dan KPN Hampir 80% pada instansi pemerintah, perusahan pelayaran, perusahaan bongkar muat & pelindo, di dominasi taruna dan taruni berasal dari Palopo dan Toraja," katanya. 

Kampus yang beralamat Jalan Gatot Subroto Baru No.54 Tallo Makassar ini merupakan pendidikan maritim yg mendapat approval kementrian perhubungan RI  dan masuk dalam white list IMO ini memiliki tiga program studi yaitu nautika, teknik dan tata laksana kepelabuhanan KPN.

Ketua IKA AIPI Sudirman menyebutkan ada beberapa mess kampus AMI-AiPi yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Diantaranya empat mess di Batam, empat mess di Jakarta, dua di Balikpapan, dan masing-masing satu di Samarinda dan Surabaya.

"Pengelolaan mess itu sepenuhnya hasil dari kepeduliaan teman-teman alumni. Para alumni itu peduli dengan adik-adik taruna yang akhirnya beinisiatif membangun mess untuk kebutuhan kampus," kata dia. (*/)