Ngeri, KMP Paray Selalu Kelebihan Kapasitas Penumpang

Indra ARP Kamis, 8 Juni 2017 09:52 WIB
106x ditampilkan Headline Lingga

LINGGA : Keberadaan kapal Roll On Roll Of  (RoRo) sebagai sarana angkutan penyeberangan yang murah memang sangat dibutuhkan masyarakat Lingga, terlebih dengan adanya layanan RoRo dari pelabuhan Jagoh ke pelabuhan Penarik atau sebaliknya. Namun keberadaan KMP Paray yang melayani akhir-akhir ini kerap over kapasitas disebabkan semakin meningkatnya peminat RoRo yang hampir setiap hari membutuhkan jasa tersebut, menjadi permasalahan tersendiri.

Sebagian penumpang mengeluh kurangnya perhatian dari Dinas Perhubungan (Dishub) Lingga dikarenakan keinginan masyarakat agar armada angkut ini dapat diganti dengan kapal berkapasitas lebih besar ataupun dilakukan penambahan trayek yang saat ini hanya sekali dalam sehari menjadi dua atau tiga kali perjalanan PP dari Jagoh ke Penarik.

“Kita dari masyarakat sebagai pengguna jasa KMP RoRo ini berharap agar ada perhatian dari Dishub Lingga dalam hal layaran dari kapal roro ini. Memang saat ini keberadaan kapal Roro ini sangatlah membantu perekonomian masyarakat Kabupaten Lingga namun dengan adanya kebutuhan meningkat akan angkutan transportasi penyeberangan ini kita dari masyarakat sangat berharap semestinyalah diperhatikan,” ungkap M Saleh, salah satu penumpang Rabu, (24/05) lalu.

Dia berharap adanya pergantian armada kapal untuk pelayanan seperti KMP RoRo yang melayani masyarakat dari dan ke Tanjung Uban – Batam. Terlebih hal ini akan semakin padat masa masa minggu terkahir bulan ramadhan.

Terkait hal ini, Kadis Perhubungan Lingga, Yusrizal mengatakan apa yang disampaikan atau dikeluhkan sejumlah penumpang itu benar. Bukan hanya pihak penumpang, dia akui pihaknya juga kwatir dengan membludaknya  penumpang dan kendaraan. Bahkan tidak jarang juga ada kendaraan yang dengan sangat terpaksa ditolak karena tidak lagi muat.

“Kita lagi mencari solusinya segera mungkin,” ungkap Yus,

Saat ini pihaknya juga berharap kepada Dishub Provinsi dan pihak ASDP sendiri untuk dapat mendengar keluhan ini. Kerena jasa pengguna KMP Paray yanh semakin meningkat, sudah waktunya diganti dengan armada kapal yang lebih besar.