GI BEI UVERS Resmikan Galeri Bursa Efek Indonesia Untuk Umum

Redaksi Jumat, 21 Juli 2017 19:01 WIB
104x ditampilkan Batam Headline

BATAM, -- Sebagai salah satu universitas yang berkomitmen untuk membantu pembangunan ekonomi nasional, Universitas Universal (UVERS) melalui Program Studi Manajemen mendirikan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Universitas Universal  (GI BEI UVERS). 

GI BEI UVERS yang diselenggarakan atas kerjasama antara Universitas Universal (UVERS), Bursa Efek Indonesia, dan PT. Kresna Sekuritas berkonsep 3 in 1, yaitu kerjasama antara Bursa Efek Indonesia, perguruan tinggi, dan perusahaan sekuritas yang berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, GI BEI UVERS ditujukan untuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Dari sisi pendidikan, pendirian GI BEI UVERS bertujuan agar para dosen dan mahasiswa tidak hanya mengenal pasar modal secara teori, namun juga secara praktik. Dengan menyediakan data aktivitas perdagangan saham secara real time, dosen dan mahasiswa dapat melakukan analisa pasar modal demi kepentingan penelitian dan pengembangan ilmu.

Sebagai satu-satunya universitas swasta di kota Batam yang memiliki galeri investasi, universitas universal (UVERS) juga melakukan pengabdian pada masyarakat melalui GI BEI UVERS untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang handal bagi industri pasar modal. 

Melalui siaran media BEI kepada terkininews.com, jum'at (21/07/2017), GI BEI UVERS juga dibuka untuk melayani masyarakat umum dengan harapan agar masyarakat umum dan masyarakat kampus dapat secara aktif melakukan investasi saham.

Tidak hanya itu, masyarakat juga akan dibekali dengan pengetahuan analisis saham terkait perkembangan tren ekonomi, bisnis, dan keamanan yang akan mempengaruhi dinamika pergerakan saham. Universitas Universal (UVERS) juga berkomitmen untuk memberikan edukasi demi melindungi masyarakat dari ketidaktahuannya dalam investasi saham.

Setelah usai diresmikan pada kemarin GI BEI UVERS akan menjalankan berbagai kegiatan untuk membangun pengetahuan tentang pasar saham, dan menjadi pusat informasi dan referensi data untuk sekitar 500 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yang mengadakan Workshop Pasar Modal dan Sekolah Pasar Modal (SPM) melalui kolaborasi dengan bursa efek Indonesia dan perusahaan sekuritas (PT. Kresna Sekuritas). 

Mengadakan Kursus Pasar Modal sebagai program lanjutan dari Sekolah pasar Modal (SPM) yang terdiri dari wakil perantara pedagang efek (WPPE), eakil penjamin emisi efek (WPEE) dan eakil manajer investasi (WMI) yang mendapatkan sertifikasi nasional melalui ujian standar profesi pasar modal (USP).

Adapun hasil dari penyelenggaraan Seminar Pasar Modal untuk civitas akademika dan umum sebagai berikut dengan mengirim Asisten Laboratorium Pasar Modal dan mahasiswa yang berminat setiap semester untuk mengikuti pelatihan langsung di Bursa Efek Indonesia dan PT. Kresna Sekuritas.

Mengadakan company visit ke Bursa Efek Indonesia dan studi  banding ke Pojok Bursa Perguruan Tinggi lain yang berhasil dalam membina edukasi dan investasi di Pasar Modal.

Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan praktek kerja/magang/training pada Bursa Efek Indonesia dan PT. Kresna Sekuritas.

Melibatkan mahasiswa secara aktif untuk membantu pengembangan Galeri Investasi Universitas Universal, terutama asisten laboratorium Pasar Modal.

Mengikutsertakan mahasiswa dalam berbagai kompetisi Pasar Modal. (*)