TK Adzkia Daik Lingga, Akan Lakukan Latihan Manasik Haji Anak Usia Dini

Redaksi Jumat, 15 September 2017 01:11 WIB
311x ditampilkan Lingga Pendidikan

LINGGA - Taman Kanak-kanak (TK) Islam Adzkia, Kampung Cening Daik Lingga akan melakukan kegiatan manasik haji pada Minggu (17/09) mendatang. Kegiatan bernuansa haji ini digiatkan pihak sekolah guna pembelajaran mengenal dan memahami haji bagi anak-anak sejak usia dini.

Hal tersebut disampaikan Kepala Sekolah TK Islam Adzika, Neti Afera. Menurutnya sebagaimana diketahui, manasik haji merupakan peragaan pelaksanaan ibadah haji yang dilakukan sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam manasik haji ini, calon jamaah haji akan di latih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji. Untuk itu, kegiatan serupa ini dilakukan untuk mengenalkan anak-anak bagaimana cara melakukan ibada haji.

"Kami ingin mengenalkan kepada anak-anak. Selama ini anak hanya tau ini manasik haji dan tidak tau cara melakukan haji. Jadi, kami ingin walaupun tidak maksimal setidaknya anak-anak tau ini cara orang berhaji," kata dia, Kamis (14/09).

Kegiatan seperti ini pernah dilakukan pada tahun lalu, bertempat dilapangan sepakbola Krida Daik Lingga. Dia sampaikan untuk perlengkapan manasik sendiri dipersiapkan. Sejauh ini persiapan pelaksanaan susah 90 persen. 

Anak-anak dalam kegiatan ini dilibatkan langsung untuk praktek sehingga bisa mengenal, memahami dan mempraktekkan bagaimana cara melakukan ibadah haji.

“Untuk perlengkapan manasik sendiri, kami sudah sampaikan sama wali murid, hari Minggu nanti murid langsung menuju Masjid Sultan. Untuk perlengkapan lain seperti ka’bah, pelempar jumrah kami memakai peralatan dari kemenag,” ujarnya.

Prosesnya nanti kata dia,  diawali dengan pawai keliling Daik mulai dari Masjid Sultan Lingga menuju lapangan Kantor Bupati Lingga.

"Untuk rute kami mulai dari Masjid Sultan melalui Kampung Bugis, Kampung Putus, langsung menuju lapangan Kantor Bupati. Nanti kegiatannya dipandu langsung oleh bapak Nadar," lanjut dia. (red)