Rumah Baca Al Ayyubi Dan KORAMIL 1608-03/Sape Gelar Sekolah Alam Dipantai Papa Bima

Redaksi Senin, 18 September 2017 20:15 WIB
201x ditampilkan Pendidikan

BIMA, -- Dalam menumbuh kembangkan minat baca dikalangan masyarakat, khususnya anak-anak. Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi dan Koramil 1608-03/Sape, menggelar kegiatan perpustakaan keliling.

Kegiatan yang berlokasi di Pantai Papa Kecamatan Lambu tersebut dihelat Minggu (17/09/). Melibatkan 100 anak anak santri TPQ Al Ihsani Desa Oi Maci Kecamatan Lambu, terkininews com. 

Ketua Rumah Baca, Pak Salahudin, menjelaskan bahwa kegiatan gemar membaca tersebut bertujuan guna meningkatkan minat baca generasi penerus bangsa dan masyarakat, sekaligus sebagai bentuk keprihatinan rendahnya minat baca pada masyarakat. 

"Pihaknya berkomitmen meningkatkan  pendidikan masyarakat dan oreantasi sekolah alam yang akan dilakukan pada desa terpencil (pelosok) maupun desa yang berada di wilayah kota,” tandasnya.

Salahudin, menambahkan bahwa tidak hanya gelar membaca saja, tetapi beragam kegiatan yang akan di laksanakan dalam perpustakaan keliling, antara lain sosialisasi menumbuhkan minat baca, menjaga keutuhan NKRI (Bela Negara), bercerita, menulis, melukis, mewarnai dan membaca puisi, Terang nya.

“pada kegiatan tersebut, melibatkan seluruh anggota Koramil 1608-03/Sape dan Club Baca Sampela Kampo Na’e, begitu semangat dan terampil dalam mengarahkan anak anak,” sambungnya. 

Diakuinya, Danramil 1608-03/Sape Kapten Inf Junaid, cukup peka mengamati keinginan anak anak saat proses belajar sekolah alam tampak tehnik  pendekatan emosional terhadap anak anak, disamping itu juga Ibu Nur 'Bahjan selaku pihak Rumah Baca sangat jeli menarik empatik, Sehingga anak anak tidak terasa jenuh, gelisah dan membosankan.

“kegiatan ini akan terus dilakukan dengan ekspansi dari desa ke desa. Maupun desa yang belum pernah tersentuh,” tegasnya.

Danramil 1608-03/Sape Kapten Inf Junaid, mengapresiasi cukup tinggi terhadap Ketua Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi, atas kerja kerasnya selama ini, dalam mencerdaskan anak bangsa,bukan  yang pertama kalinya kami ikuti, melainkan kesekian kalinya, tuturnya saat ditemui terkininews.com Senin (17/09/2017).

Danramil menambahkan,'Berbekal dengan motor tua,yang dipakai sehari hari,  Ketua Rumah Baca yang sering kami sapa Udin, begitu gigih mongoleksi buku  untuk jadi  bahan bacaan yang layak. Buku itu didapatkannya dari donatur dan bahkan membeli dengan uang hasil keringantnya sendiri,” tuturnya.

 "Melihat kerja keras Udin,Danramil semakin merespek. Sekaligus sebagai bentuk penghargaan kami, atas kiprahnya selama ini dengan maha karya besar yang tidak pernah dilakukan oleh generasi manapun yang berada di  wilayah Bima saat ini.

“Seyogiannya kegiatan Gemar Membaca ini, sebagai wujud sinergitas Koramil 1608-03/Sape dengan Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi, dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Khusunya para generasi penerus bangsa. 

Kapten Inf Junaid, sangat berharap langkahnya tersebut dapat membantu perpustakaan dalam mengembangkan pendidikan nonformal kepada masyarakat luas. Tutupnya.(Edy/*)