Pemkab Bintan Launching E Puskesmas dan Penerapan Pelayanan di Puskesmas

Redaksi Selasa, 10 Oktober 2017 14:20 WIB
66x ditampilkan Bintan Headline

BINTAN - Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos resmi meluncurkan E Puskesmas dan Pelayanan Kesehatan hingga pukul 22.00 WIB untuk beberapa Puskesmas di Kabupaten Bintan. E- Puskesmas merupakan sistem mobile di HP Android yang bisa digunakan untuk pelayanan kesehatan dimasyarakat. 

" Dengan aplikasi E Puskesmas akan memudahkan masyarakat untuk berobat. Ini merupakan bagian dari penerapan Smart City untuk Sektor Bidang Kesehatan di Kabupaten Bintan " ujarnya saat meresmikan Poli Malam di Puskesmas Kawal , Kec Gunung Kijang, Selasa pagi (10/10/2017). 

Menurutnya, saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan akan menerapkan E Puskesmas dibeberapa Puskesmas antara lain ; Puskesmas Tanjung Uban Kec Bintan Utara ; Puskesmas Teluk Sasah  Kec Teluk Bintan ; Puskesmas Kijang Kec Bintan Timur ; Puskesmas Kawal Kec Gunung Kijang ; Puskesmas Teluk Sebong Kec Teluk Sebong dan Puskesmas Sei Lekop Kec Bintan Timur. 

" Kita terapkan pelayanan E Puskesmas di Puskesmas yang padat penduduk terlebih dahulu, nanti nya kita targetkan seluruh Puskesmas bisa menggunakan aplikasi ini, selain itu kita juga akan terapkan pelayanan hingga pukul 22.00 WIB " ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan dr.Gama Isnaini mengatakan bahwa Program ini merupakan salah satu perwujudan komitmen Bupati Bintan H Apri Sujadi yang sangat konsisten terhadap masalah kesehatan di masyarakat. Dimana Kabupaten Bintan merupakan pelopor di Provinsi Kepulauan Riau terkait pelayanan E Puskesmas dan Posbindu. 

Selain itu, nantinya pelayanan di Puskesmas tiap hari Kamis juga akan diadakan pemeriksaan IVA , dimana hal ini sangat berguna dalam proteksi dini kanker leher rahim.

" Sesuai ide dari Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Ibu Hj Deby Apri Sujadi setiap hari Kamis di Puskesmas juga akan diadakan Pemeriksaan IVA dimana hal ini penting untuk memproteksi secara dini kanker leher rahim bagi kaum wanita " tutupnya.(yan/*)