Desa Lancang Kuning Sebagai Sentra Agro Wisata Salak Sari Intan

Redaksi Rabu, 11 Oktober 2017 18:12 WIB
145x ditampilkan Bintan Headline

BINTAN, -- Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui dinas pertanian kabupaten Bintan mendukung penuh atas usaha petani salak di desa Lancang Kuning untuk mewujudkan sentra agro wisata Salak Sari Intan. Hal tersebut diketahui dalam pertemuan Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos bersama petani salak di fesa Lancang Kuning, Rabu (11/10/2017) terkininews.com

Dalam pertemuan tersebut, kepala dinas pertanian kabupaten Bintan Supriyono mengatakan bahwa potensi pengembangan Salak Sari Intan di desa Lancang Kuning kecamatan Bintan Utara sangat baik.

Saat ini, untuk peluang pangsa pasar buah salak baik di Kawasan pariwisata Lagoi maupun dikota Batam masih sangat terbuka. Maka Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bintan mendukung penuh usaha Petani Salak di Desa Lancang Kuning dengan memberikan bantuan bibit Salak Sari Intan sebanyak 1000 buah bibit.

"Ada 1000 buah bibit Salak Sari Intan yang kita siapkan untuk petani hasil dari kerjasama Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bintan " ujar kepala dinas pertanian.

Sementara itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos didampingi Wakil Bupati Bintan Drs H Dalmasri Syam MM, Sekda kabupaten Bintan Drs Adi Prihantara MM dan ketua TP PKK kabupaten Bintan Hj Deby Apri Sujadi, A.Md seusai menanam pohon Salak Sari Intan di Desa Lancang Kuning mengatakan bahwa peluang pasar Salak Sari Intan saat ini sangat bagus, dimana untuk kawasan pariwisata Lagoi dan kota Batam saja masih kekurangan.

"kita akan mendorong para petani ini, karena peluang pasarnya sangat bagus untuk di Lagoi dan Batam saja masih kurang, potensi pengembangan lahan Salak Sari Intan di Desa Lancang Kuning ini saja ada sekitar 40 hektar " ujarnya.

Diketahui, bahwa saat ini berdasarkan data di Dinas PMD Kabupaten Bintan ada sekitar 53 milyar rupiah Dana Desa yang bergulir melalui APBDes Tahun 2017. Dirinya juga berharap agar Pemerintah Desa bisa mendorong Sektor Pertanian, melalui kegiatan-kegiatan agar tanaman Salak Sari Intan dapat menjadi icon Tanaman Pangan Kabupaten Bintan.

"Secepatnya akan kita sharing ke setiap Pemerintah Desa guna mengembangkan Tanaman Salak Sari Intan ini " ujar Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika.

Usai kegiatan penanaman pohon Salak Sari Intan, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos dan rombongan juga terlihat berdiskusi bersama petani disana. Selain itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos juga ikut menandatangani prasasti Patung Sapi Desa Lancang Kuning yang terletak di Kampung Sei Jeram. 

Sementara itu, Selamat (60 Thn) Petani Salak Sari Intan Desa Lancang Kuning mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi atas usaha yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan. Dirinya juga mengakui bahwa saat ini, dengan lahan 1 Hektar yang dimilikinya maka dirinya masih memerlukan banyak bibit Salak. 

"potensinya sangat bagus dengan harga penjualan sekitar 12.000 rupiah perkilonya, saat ini hanya berkisar 350 pohon yang saya miliki, saat musim panen dalam 1 Minggu bisa memanen sekitar 70 Kg, untuk 1 Hektar bisa ditanami sekitar 700-800 pohon " tutupnya.(yan/*)