Guna Meraih Piala Adipura, Junaidi : Syarat Mutlak DLH Harus Berada di Dabo

Admin Rabu, 11 Oktober 2017 02:07 WIB
61x ditampilkan Lingga

LINGGA - Kabupaten Lingga kembali mempersiapkan diri meraih piala Adipura golongan kota kecil/menengah setelah sebelum ditahun 2017 ini meraih sertifikat Adipura. Terobosan ini digiatkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga dengan mendatangkan Tim Prapantau dari Pusat Pengendalian Ekoregion (P3E) Pekanbaru yang didampingi pihak provinsi Kepri, Selasa (10/10).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga, Juandi mengatakan kedatangan tim guna penjajakan dan evaluasi sekaligus menganalisa sejauh mana kesiapan Kabupaten Lingga untuk meraih adipura kota kecil tersebut yang dimulai pada November mendatang.

"Kita sengaja mengundang tim prapantau dari P3E Pekanbaru dan yg juga di dampingi dari Provinsi kepri, untuk sejauh mana kesiapan kita meraih piala," terang dia.

Pada prosesnya tim evaluasi ini akan menelaah titik pantau yang menjadi persyaratan mutlak maraih Adipura golongan kota kecil. Sejauh ini ada 14 titik pantau dari 40 item yang tersebar di Kabupaten Lingga. Kali ini terang dia, pihak dinas akan memfokuskan titik hanya di Dabosingkep.

Namun yang masih menjadi pertimbangan saat ini lokasi titik pantai harus dekat dengan kantor. Dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup harus terpusat di Dabosingkep, karena merupakan persyaratan mutlak untuk meraih piala tersebut. Selain itu syarat utama lainnya, titik pantau harus memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Kita fokus di Dabosingkep untuk penilaian mutlak Adipura golongan kota kecil ini. Tidak seperti tahun lalu ketika kita meraih sertifikat Adipura. Saat itu titik pantaunya ada dua lokasi yakni di Dabosingkep dan ibukota Daik. Sementara kalau kita konsentrasikan di Daik sayangnya belum memiliki TPA dan beberapa titik pantau lainnya," papar dia.

Selama 3 hari tim Prapantau akan melakukan pemantauan di semua lokasi, seperti TPA, Pasar, Bandara, Kantor Camat dan lainnya.

Dia berharap dengan kedatangan tim evaluasi ini, pihak dinas mengetahui kekurangan persiapan dan  segera memperbaiki untuk meraih keinginan lebih baik lagi terkait kebersihan.

"Iya itu, apalagi kemaren kita sudah mendapatkan sertifikat adipura artinya celah untuk mendapatkan piala adipura tentu ada dan kita yakin bisa," harap dia